9 Prospek Kerja Teknik Informatika untuk Lulusan S-1



Teknik Informatika merupakan salah satu jurusan perkuliahan yang paling digandrungi. Biasanya jurusan ini masuk ke dalam jurusan terfavorit di seleksi masuk perguruan tinggi negeri. Alasan utama mengapa jurusan Teknik Informatika begitu diminati yaitu lantaran prospek kerjanya yang sangat menjanjikan. Bukan hanya untuk lulusan Magister atau Doktor saja, lulusan Sarjana juga memiliki peluang kerja menjanjikan. Berikut ini 9 prospek kerja Teknik Informatika untuk lulusan S-1 atau Sarjana:

Programmer

Sebagian besar lulusan Teknik Informatika akan bekerja sebagai seorang programmer. Programmer sendiri merupakan orang yang bertugas membuat aplikasi menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Beberapa contoh bahasa pemrograman yang digunakan yaitu Java, Phyton, C, Delphi, dan lain sebagainya.



Software Engineer

Jika dilihat secara sekilas software engineering hampir sama seperti programmer. Perbedaanya yaitu programmer bertugas membuat program, sementara software engineering bertugas mengembangkan program. Semua software engineering pasti adalah programmer, namun belum tentu sebaliknya. Pengembangan dibutuhkan agar software yang dibuat lebih efektif dan efisien.

Tenaga Pendidik

Jika tidak ingin bekerja di perusahaan, lulusan Teknik Informatika bisa bekerja menjadi seorang tenaga pendidik. Karena hanya lulusan S-1, Anda bisa menjadi tenaga pendidik di sekolah-sekolah. Jika ingin menjadi dosen, Anda harus melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi yaitu Magister atau S-2.

Network Administrator

Prospek kerja Teknik Informatika untuk lulusan S-1 selanjutnya adalah network administrator. Mereka memiliki tugas untuk menjaga keberlangsungan dan keamanan jaringan di sebuah perusahaan. Untuk menjadi network administrator, mahasiswa harus mampu memahami dasar komputer, hardware, routing jaringan, dan hal yang berhubungan dengan jaringan.

Game Developer

Game developer menjadi peluang kerja yang sangat menjanjikan seiring perkembangan dunia game saat ini. Sesuai namanya, Anda bertugas untuk membuat serta mengembangkan game. Mereka yang menjadi game developer harus menguasai bahasa pemrograman untuk desktop, Android, serta iOS sehingga semua bisa dijalankan dengan mudah.

Web Developer

Website adalah platform yang sangat penting di era digital seperti sekarang ini. Semua perusahaan pasti memiliki website resminya masing-masing. Bahkan beberapa perusahaan menggunakan website sebagai toko online. Mereka yang bekerja sebagai web developer bertugas membangun dan mengembangkan website. Bahasa pemrograman yang wajib dikuasai yaitu JavaScript dan PHP.

Web Designer

Website tidak hanya berhubungan dengan fungsi saja, namun juga tampilan. Mereka yang bertugas mendesain tampilan website adalah web designer. Namun di beberapa perusahaan mereka mencari web designer dan web developer sekaligus. Tampilan website yang dibuat tidak hanya menarik saja, tapi juga harus mudah digunakan dan lancar.

Administrator Database

Lulusan Sarjana Teknik Informatika juga bisa menjadi seorang administrator database. Perusahaan dengan data yang sangat besar yang biasanya membutuhkan administrator database ini. Tugasnya yaitu memelihara, merawat, serta mengembangkan database perusahaan agar aman dan mudah diakses oleh mereka yang memiliki hak akses.

Pegawai Negeri Sipil

Pegawai Negeri Sipil atau PNS masih menjadi pekerjaan idaman banyak orang. Salah satu alasannya yaitu karena kehidupan yang terjamin. Biasanya pekerjaan PNS untuk jurusan Teknik Informatika berhubungan dengan komputer. Jarang yang berhubungan dengan jaringan atau membuat program.

Itulah 9 prospek kerja Teknik Informatika untuk lulusan S-1. Sangat menjanjikan bukan? Jika ingin berkarir di bidang IT, Anda bisa menempuh pendidikan di IDS Digital College. Jurusan Teknik Informatika sendiri tepatnya berada di STMIK Bidakara. Selain Teknik Informatika, ada beberapa jurusan di bidang IT lain yang bisa Anda pilih. Untuk informasi yang lebih lengkap mengenai STMIK Bidakara, Anda bisa kunjungi www.ids.ac.id

Share on Google Plus

About Rizky

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment