Cerminan Nutrisi Tumbuh Kembang Anak Tercukupi Dengan Baik

Tercukupinya kebutuhan nutrisi pada anak merupakan PR terbesar orang tua. Hal ini menjadi perhatian penting karena akan berhubungan dengan tumbuh kembang yang harus dicapai sesuai dengan usianya. Memenuhi nutrisi anak bukanlah hal mudah jika anak tersebut suka memilih-milih makanan. Salah satu solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan susu kaya nutrisi tumbuh kembang anak. Dengan begitu, kebutuhan nutrisinya pun akan terpenuhi dengan baik.

4 Ciri-Ciri Anak Yang Tercukupi Kebutuhan Nutrisinya

Anda bisa mengetahui apakah anak Anda sudah mendapatkan kebutuhan nutrisi yang cukup dengan memperhatikan beberapa hal seperti berikut.

Berat Badan & Tinggi Ideal

Jika masih ada orang tua yang beranggapan bahwa gemuk merupakan tanda kebutuhan nutrisinya tercukupi dengan baik maka sebaiknya mulai diubah konsep berfikir yang demikian. Anak yang mendapatkan cukup nutrisi akan memiliki berat badan ideal sesuai dengan usianya. Jadi Bunda nggak perlu khawatir kan kebutuhan nutrisi Si Kecil karena kini sudah hadir susu dengan nutrisi yang kaya akan vitamin dan nutrisi yaitu susu nutricia. 

Selain itu, Ada juga bisa memperhatikan tinggi badan anak. Tinggi badan ideal untuk anak-anak usia 7-12 tahun yaitu berkisar antara 130 hingga 145 CM. Dengan demikian, sebagai orang tua Anda perlu mengetahui berapa kisaran berat badan dan tinggi badan ideal untuk usia anak tertentu.

Tidak Mudah Sakit

Nutrisi sangat erat kaitannya dengan pembentukan imun tubuh yang mana memiliki peran penting untuk melawan penyakit. Jika anak Anda jarang sekali sakit atau jika sekalipun sakit lebih cepat sembuh itu merupakan pertanda baik karena nutrisinya tercukupi. 

Sebaliknya, anak-anak yang kurang terpenuhi asupan nutrisinya akan memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Mereka akan rentan terhadap gangguan atau serangan penyakit. Selain itu, mereka juga akan memiliki waktu penyembuhan sedikit lebih lama jika dibandingkan dengan yang terpenuhi kebutuhan nutrisinya.

Anak Aktif Beraktifitas

Salah satu ciri yang paling mudah untuk mengetahui kecukupan nutrisi anak yaitu dari aktivitas mereka. Anak yang sehat akan lebih senang bermain dan melakukan aktifitas fisik. Mereka akan lincah bergerak, berlari dan lain sebagainya karena memiliki otot dan tulang yang kuat. Selain itu, hal tersebut juga menunjukkan kebutuhan energi mereka juga terpenuhi sehingga bisa melakukan berbagai macam aktifitas.

Anak aktif juga menjadi pertanda bahwa anak tersebut aman dari anemia. Masalah anemia juga banyak dialami oleh anak-anak akibat kekurangan zat besi. Selain dapat membantu anak lebih aktif bermain dan beraktivitas, zat besi juga dapat meningkatkan ketajaman konsentrasi dan daya ingat anak.

Nafsu Makan Baik

Jika anak Anda tidak memiliki masalah terhadap nafsu makan maka hal ini merupakan pertanda baik. Nafsu makan yang baik pada anak akan lebih memudahkan proses pemenuhan nutrisi. Hal ini juga bisa menjadi pertanda bahwa anak Anda tidak memiliki masalah dalam saluran pencernaannya.

Anak yang memiliki gangguan nafsu makan bisa ditandai dengan hal yaitu memiliki berat badan dibawah rata-rata ideal atau bisa juga kelebihan berat badan. Kekurangan atau kelebihan berat badan tentu bukanlah hal yang baik karena dapat mengganggu proses pencapaian tumbuh kembang yang baik.

Nah, itulah keempat ciri yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui kebutuhan nutrisi anak Anda sudah tercukupi dengan baik atau belum. Berikan susu pendamping yang sesuai dengan usianya agar mendapatkan asupan nutrisi yang tepat.

Komposisi susu pendamping sudah disesuaikan dengan kebutuhan gizi untuk anak dalam masa pertumbuhan. Selain itu, susu mudah untuk dikonsumsi karena bentuknya yang cair. Rasanya yang enak juga membuat anak-anak suka mengkonsumsi susu.


Share on Google Plus

About Rizky

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment