Pilihan Nutrisi Tumbuh Kembang Anak Yang Penting Dipenuhi

Guna memastikan proses perkembangan anak yang maksimal bagi orang tua maka pemenuhan kebutuhan nutrisi harian anak menjadi penting diperhatikan. Berbagai macam nutrisi yang bisa didapat dari jenis makanan tertentu bisa menjadi menu harian untuk anak. Dengan terpenuhinya kebutuhan nutrisi tumbuh kembang anak hal ini tidak hanya berpengaruh secara fisiknya tetapi juga untuk mental atau psikis anak juga bisa lebih baik. 

Selanjutnya yang penting dilakukan sebagai orang tua yaitu dalam memilihkan berbagai jenis makanan yang memiliki nutrisi tertentu untuk diberikan ke anak sesuai dengan kebutuhan hariannya. Kebutuhan takaran nutrisi tumbuh kembang anak berbeda dengan orang dewasa, sehingga dalam pemberiannya harus juga memperhatikan akan berapa banyak nutrisi yang dibutuhkan. Secara lebih jelasnya berikut ini kami tuliskan beberapa nutrisi yang penting untuk tumbuh kembang anak.

Sumber energi anak dengan pemenuhan karbohidrat. Adanya karbohidrat sangat penting sebagai sumber energi sekaligus juga bermanfaat dalam memperbaiki jaringan dalam tubuh anak yang rusak. Bagi si kecil pemenuhan karbohidrat bisa didapatkan dari konsumsi makanan seperti nasi, kentang, dan sayuran karena merupakan sumber karbohidrat kompleks. Selain itu hal tersebut juga bisa meminimalisir asupan gula berlebih yang bisa menyebabkan masalah kesehatan kedepannya seperti diabetes.

Menumbuhkan sel dalam tubuh dengan protein. Nutrisi selanjutnya yaitu protein yang memiliki berbagai fungsi yang baik untuk tubuh. Adanya protein bermanfaat dalam mengubah makanan menjadi energi sampai membantu anak melawan infeksi. Konsumsi makanan yang bisa menjadi sumber protein juga beragam mulai dari telur, ikan, daging ayam, sampai dengan kacang-kacangan. Pastikan konsumsinya sesuai dengan yang dibutuhkan sehingga memenuhi kebutuhan harian nutrisi anak.

Asupan serat untuk kesehatan pencernaan anak. Kebutuhan akan serat tidak hanya untuk orang dewasa, bagi anak kecil pun juga penting mengkonsumsi makanan yang mengandung serat. Konsumsi makanan yang mengandung serat bermanfaat dalam melancarkan sistem pencernaan, mencegah konstipasi, serta mengurangi resiko dari penyakit jantung dan kanker untuk anak saat dewasa nanti. Konsumsi untuk serat sendiri bisa didapatkan dari berbagai makanan seperti sayuran, buah-buahan, dan juga sereal dari gandum utuh. 

Vitamin untuk kekebalan tubuh anak. Salah satu vitamin yang memiliki manfaat untuk kekebalan tubuh anak yaitu vitamin C. Tidak hanya untuk kekebalan tubuh vitamin C juga mempunyai fungsi lainnya yaitu dalam mempercepat proses penyembuhan luka dan melawan infeksi. Pilihan makanan sebagai sumber vitamin C untuk anak juga beragam, anda bisa memberikan buah-buahan seperti stroberi, jeruk, dan juga buah tomat. Selain itu juga bisa didapatkan suplemen vitamin C yang mudah didapatkan di apotek terdekat.

Pertumbuhan tulang yang maksimal dengan kalsium. Tumbuh kembang anak yang maksimal bisa dipengaruhi dari konsumsi makanan yang mengandung kalsium. Dari itu pemberian kalsium sangat penting untuk diperhatikan karena kalsium penting untuk pertumbuhan tulang anak. Sebagai orang tua anda bisa lakukan untuk memaksimalkan penyerapan kalsium yaitu degan produksi vitamin D. Vitamin D sendiri bisa didapatkan dengan mudah karena tubuh bisa memproduksinya sendiri yaitu ketika anak terkena sinar matahari.

Sinar matahari selama 5 – 15 menit dalam dua sampai tiga kali seminggu cukup untuk mendapatkan vitamin D. Selain itu vitamin D juga bisa didapatkan dari konsumsi makanan tertentu seperti bayam, brokoli, yogurt, dan juga susu sebagai sumber kalsium yang tinggi. Salah satu sumber susu yang bisa menjadi pilihan untuk anak bisa diberikan Nutricia yang memiliki berbagai kelebihan sebagai sumber nutrisi anak.


Share on Google Plus

About Rizky

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment