Tips Mengatasi Ruam Anak Secara Mudah di Rumah


Dalam usia perkembangan anak sering kali sebagai orang tua mengalami banyak masalah, seperti saat anak susah makan, anak mengalami susah tidur, dan yang lainnya. Selain itu salah satu hal yang sering dialami pada usia anak munculnya ruam-ruam pada kulitnya. Adanya ruam ini bisa disebabkan karena berbagai macam misalnya karena penggunaan popok yang basah atau terlalu lama.

Selain itu adanya alergi terhadap bahan popok dan infeksi dari bakteri juga bisa menyebabkan terjadinya ruam anak. Jika hal ini sudah terjadi sebagai orang tua yang pertama harus dilakukan jangan panik. Kepanikan orang tua bisa mengakibatkan salah dalam penanganan ruam anak. Padahal hal seperti ini bisa terjadi pada setiap anak, terutama usia bayi antara 9-12 bulan.

Diare pada bayi karena mulai mengkonsumsi makanan padat serta ibu menyusui yang mengkonsumsi antibiotik juga bisa menjadi awal munculnya ruam anak.Masalah ruam anak sebenarnya dapat hilang sendiri tanpa perlu adanya pengobatan, walaupun begitu jika ruam yang timbul sudah sangat banyak dan mengganggu keseharian anak anda sebaiknya dibawa ke dokter untuk mengatasinya. Akan tetapi untuk ruam anak yang biasa sebenarnya anda bisa melakukan perawatan yang mudah di rumah.

Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan dalam mengatasi ruam anak di rumah.


  1. Jaga kebersihan diri terutama saat anda akan mengganti popok anak, sebaiknya cuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah mengganti popok anak.

  2. Rajin-rajin dalam membersihkan ara ruam anak dengan menggunakan bahan pembersih yang ringan. Atau jika tidak ada cukup dengan air putih yang bersih.

  3. Rajinlah dalam memeriksa popok bayi, dan jika sudah agak kotor dan mulai basah sebaiknya langsung diganti. Pemakaian popok basah yang terlalu lama bisa menyebabkan ruam sulit hilang.

  4. Dalam membersihkan area ruam sebaiknya ditepuk saja bukan dengan cara digosok karena bisa menimbulkan luka pada kulit anak

  5. Saat akan menggunakan popok kembali pastikan sudah benar-benar kering dan gunakan popok yang benar-benar bersih dan segar

  6. Jika dalam membersihkan bagian kulit anak yang terkena ruam menggunakan tisu, hindari penggunaan tisu yang memiliki wangi-wangian atau alkohol. Sebagai penggantinya anda dapat menggunakan waslap yang bersih dan lembut

  7. Sesekali anda bisa membebaskan anak anda dari penggunaan popok supaya sirkulasi udara yang baik dapat masuk ke area yang ruam. Dengan begitu proses penyembuhan ruam anak bisa lebih cepat.

  8. Anda bisa menggunakan berbagai bahan yang aman digunakan untuk mengatasi ruam seperti krim, bedak, dan salep yang sebelumnya telah berkonsultasi dengan dokter. Saat penggunaan salep atau krim ini sebaiknya dilakukan dengan cara mengusapkan nya secara rata pada bagian yang mengalami iritasi sebelum anak anda dipakaikan popok lagi.

Saat bayi mengalami ruam dan terus bertambah parah sebaiknya langsung hubungi dokter, terutama saat anak anda mengalami kondisi yang lebih serius seperti mengakibatkan adanya demam. Terlebih jika dilihat dari ruamnya ada benjolan kuning yang berisi cairan maka bisa jadi hal tersebut sudah terinfeksi bakteri sehingga membutuhkan antibiotik untuk mengobatinya.

Perlu diperhatikan juga pada penggunaan popok anak, jika anak alergi atau mengalami ruam akibat popok tertentu anda bisa menggantinya dengan popok dari bahan atau merek lain. Selain itu pada penggunaan deterjen untuk mencuci pakaian anak biasanya juga turut berpengaruh. Anda bisa menggunakan deterjen khusus yang memang diperuntukan untuk mencuci pakaian anak. 

Share on Google Plus

About Rizky

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment