Keunggulan Yang Dimiliki Susu Bubuk

Saat anak sudah menginjak usia dua tahun, ia telah melewati masa mengonsumsi ASI. Meskipun demikian, nutrisi istimewa yang terkandung di dalam susu tetap diperlukan olehnya. Itulah sebabnya, anak masih perlu mengonsumsi susu pendamping untuk pemenuhan gizi dalam masa pertumbuhannya. Ada jenis susu UHT, Pasteurized dan susu bubuk. Umumnya, susu yang dipilih orang tua berbentuk bubuk, dengan keunggulan sebagai berikut.

1. Lebih Praktis

Susu jenis ini praktis karena mudah dibawa ke mana saja tanpa takut tumpah. Selain itu dari segi penyimpanannya, tidak perlu menggunakan pendingin. Bebeda dengan susu pasteurized yang harus selalu berada di pendingin dengan suhu tertentu agar tidak rusak. Penyajian susu dalam bentuk bubuk pun cukup mudah, yaitu hanya dengan menambahkan air saja.

Hal yang perlu diperhatikan oleh orang tua adalah memastikan bahwa tempat penyimpanannya tertutup rapat dan terhindar dari sinar matahari langsung. Tempatkan di wadah kedap udara, pada ruangan yang sejuk. Ini perlu dilakukan agar susu tidak menjadi bergumpal.

2. Memiliki Masa Konsumsi Yang Panjang

Susu bubuk lebih tahan lama. Asalkan tidak menggumpal dan selalu tertutup rapat, susu masih tetap bisa dikonsumsi dalam waktu lama setelah dibuka. Tentu saja karena bentuknya kering, sehingga waktu konsumsinya lebih lama. Berbeda dengan susu UHT yang Melewati proses sterilisasi temperatur sangat tinggi. Setelah dibuka, susu UHT dapat disimpan di dalam kulkas hanya dalam kurun waktu empat hari. Kualitasnya akan menurun setelah itu.

3. Memiliki Nutrisi Tambahan

Proses pengolahan susu cair agar menjadi bubuk memang cukup rumit dan lama. Akan tetapi, pada proses ini, dilakukan modifikasi dan penambahan nutrisi ke dalam produk tersebut. Tujuannya adalah untuk memaksimalkan manfaat yang bisa diperoleh anak yang meminumnya. Penambahan nutrisi ini biasanya disesuaikan dengan kebutuhan gizi dan usia anak.

Namun, baik susu UHT, pasteurized, dan dalam bentuk bubuk, memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Hal yang perlu diperhatikan adalah teknik penyimpanannya, dan jumlah konsumsinya. Sebagaimana diketahui, apa pun yang dikonsumsi secara berlebihan, akan dapat membawa dampak burukbagi tubuh.

Pembahasan mengenai kelebihan susu bubuk ini, dapat dijadikan pertimbangan dalam memilih jenis yang dibutuhkan. Hal yang perlu diperhatikan adalah agar selalu mencermati kandungan yang tertera di kemasan susu dalam bentuk bubuk. Tujuannya untuk memilih produk yang dapat mengoptimalkan pertumbuhan anak.

Share on Google Plus

About Rizky

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment