Prospek Kerja Teknik Informatika yang Menggiurkan

prospek kerja teknik informatika

Teknik informatika merupakan salah satu jurusan yang paling prospektif. Jurusan ini paling banyak dicari karena prospek kerja teknik informatika tergolong sangat potensial. Setelah lulus, ada banyak sekali pilihan kerja yang bisa dipilih oleh setiap lulusannya. Di lain sisi, lulusan dari teknik informatika juga tergolong cukup banyak dicari.

Nah, bagi yang penasaran ingin tahu apa saja prospek kerja dari jurusan tersebut, berikut ini kami akan mencoba untuk mengulas apa saja pekerjaan-pekerjaan yang bisa Anda coba pilih sesuai dengan keahlian dan juga kemampuan:

1. Menjadi Seorang Software Engineer

Perangkat lunak saat ini sudah banyak diaplikasikan pada berbagai bidang. Fungsinya yaitu untuk memudahkan pekerjaan.  Di lain sisi, penggunaan software khusus juga sudah digunakan oleh banyak sekali perusahaan-perusahaan di berbagai bidang yang ada di Indonesia.

prospek kerja teknik informatika

Tugas dari software engineer adalah mengembangkan, membentuk, atau membuat sebuah perangkat lunak sesuai dengan keinginan dan kebutuhan suatu perusahaan maupun instansi. Fungsinya untuk mendukung dan memudahkan proses pekerjaan.

2. Mobile Programmer

Sama halnya seperti perangkat lunak komputer, aplikasi atau perangkat lunak pada smartphone pun saat ini sudah banyak dibutuhkan. Fungsinya yaitu untuk memudahkan pekerjaan sekaligus untuk memberikan kenyamanan bagi para pelanggan melalui sebuah aplikasi mobile.

Seorang mobile programmer, bertugas membuat dan merancang perangkat lunak khusus perangkat mobile dari nol. Fungsinya pun bermacam-macam tergantung dari permintaan klien atau perusahaan.

3. Game Developer

Perkembangan industri game di dunia, termasuk di Indonesia, sudah terbilang sangat menggiurkan dan menjanjikan. Baik itu jenis mobile gaming, maupun PC gaming, keduanya banyak diminati. Nah, seorang lulusan teknik informatika, juga memiliki prospek untuk menggeluti bidang yang satu ini.

Game developer terdiri dari sebuah tim dengan beragam keahlian berbeda. Mulai dari desain grafis, animasi grafis, programming, dan lainnya. Nah, lulusan teknik informatika, berpeluang masuk menjadi seorang programming untuk membuat sebuah permainan.

4.  Tenaga Pengajar/Pendidik di Bidang IT

Selain bekerja di perusahaan-perusahaan, setelah lulus nanti, Anda pun berpeluang menjadi tenaga pengajar/pendidik di bidang IT. Baik itu sebagai pengajar di instansi, maupun sebagai tenaga pengajar untuk bisnis sendiri seperti kursus di bidang IT.

Menjadi tenaga pendidik memiliki prospek yang tak kalah menarik dibandingkan dengan berbagai bidang lainnya. Karena, Anda bisa mengajarkan ilmu yang sudah didapatkan kepada orang lain.

5. Sebagai Software Tester

Pekerjaan sebagai software tester juga cukup terbuka untuk lulusan teknik informatika. Pekerjaan tergolong sangat menarik dan juga mudah dipahami. Pasalnya, tugasnya hanya mencoba atau menguji sebuah perangkat lunak apakah sudah layak digunakan atau belum? Tugas Anda di sini yaitu memastikan perangkat lunak berjalan dengan baik.

Keahlian teknik informatika, cocok sekali untuk menduduki posisi ini. Karena, tanpa adanya seorang software tester, suatu perusahaan tidak dapat mengetahui sejauh mana kualitas dan kelayakan sebuah perangkat lunak.

Kuliah Teknik Informatika di IDS Digital College

Bingung mencari tempat kuliah yang cocok untuk melanjutkan jurusan teknik informatika? IDS Digital College bisa menjadi solusinya. IDS merupakan sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer. Teknik informatika adalah salah satu fakultas yang ada di tempat tersebut.

Di sini, Anda akan belajar dari tenaga pendidik berpengalaman dan ahli di bidangnya. Selain itu, mata pelajarannya pun sangat lengkap sekali.

Nah, itulah beberapa prospek kerja teknik informatika yang dapat menjamin Anda di masa depan. Ada banyak peluang lain selain prospek yang jami jelaskan di atas. Pasalnya, teknik informatika merupakan jurusan yang saat ini banyak dibutuhkan.

Share on Google Plus

About Rizky

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment