Mengenal Seluk Beluk Kuliah Dkv

Kuliah DKV
Apakah Anda sudah tahu dengan Kuliah DKV? Pertanyaan yang satu ini tentunya sudah ada di dalam benak Anda ketika mendengar tentang apa itu DKV atau jurusan DKV atau desain komunikasi visual. Banyak yang menyamakan desain komunikasi visual dengan desain grafis atau bidang desain lainnya.

 Anggapan itu tidak begitu saja benar. Sebab, jurusan desain komunikasi visual tidak sama dengan jurusan desain grafis. Meski memiliki banyak persamaan dengan desain grafis, desain komunikasi visual juga memiliki banyak perbedaan. Biar kamu tidak penasaran, marilah kita simak informasi mengenai desain komunikasi visual berikut:

Desain komunikasi visual merupakan salah satu cabang ilmu desain yang mempelajari  konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual ataupun rupa untuk menyampaikan pesan untuk tujuan tertentu. Tujuan tersebut bisa berupa memberikan informasi atau mempengaruhi pikiran orang lain. 
Kuliah DKV
Sebagai sebuah ilmu, desain komunikasi visual tidak hanya berpegangan pada ilmu desain semata melainkan juga dengan beberapa cabang ilmu lainnya, seperti komunikasi, psikologi, dan seni rupa. Jadi, dapat dikatakan kalau desain komunikasi visual hasil pencampuran beberapa ilmu dengan ilmu desain sebagai dasarnya.

Ilmu dasar yang bakal dipelajari di desain komunikasi visual di Kuliah DKV ialah dasar-dasar ilmu desain, seperti menggambar, tipografi, fotografi, ilustrasi, sejarah desain, dan lain sebagainya. Lalu, kamu juga akan mendapatkan beberapa pelajaran dari ilmu selain desain, seperti ilmu komunikasi dasar, psikologi komunikasi, bahasa rupa, dan lain sebagainya. 

Biasanya, di jurusan desain komunikasi visual memiliki tiga pembidangan lagi, yakni komunikasi grafis, visual periklanan, dan komunikasi multimedia. Ketiga pembidangan ini akan menjadi pilihan pada semester 6 perkuliahan. Pada pembidangan komunikasi grafis, kamu akan mendapatkan mata kuliah pengkhususan, yakni desain grafis tingkat lanjut, grafis portofolio, perspektif desain grafis, dan lain sebagainya.

Lalu, pada pembidangan visual periklanan, mata kuliah khususnya ialah komunikasi visual periklanan tingkat lanjut, tata kelola bisnis periklanan, visual branding, dan lain sebagainya. Dan, pada pembidangan komunikasi multimedia, kamu akan mendapat mata kuliah khusus komunikasi visual multimedia tingkat lanjut, videografi, media interaktif, dan lain sebagainya. 

Selain mata kuliah wajib tersebut, ada beberapa mata kuliah pilihan yang bisa dipilih oleh mahasiswa bergantung kebutuhan penelitian tugas akhir atau pun minat dari mahasiswa nya. Mata kuliah itu di antaranya psikologi persepsi, psikologi sosial, game desain, grafis eskperimental, dan lain sebagainya.
Share on Google Plus

About Rizky

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment