Makna di Balik Peletakkan Cincin Wanita pada Setiap Jari



Tahukah Anda, bahwa sebenarnya, peletakkan cincin di jari itu memiliki makna yang berbeda-beda? Contohnya pada peletakkan cincin wanita pada prosesi pernikahan, tunangan maupun sebagai daily wear. Meletakkan cincin di masing-masing jari memiliki makna yang berbeda-beda.

Berikut ini kami akan coba menjelaskan kepada Anda makna di balik peletakkan cincin di setiap jari. Selain maknanya, kami juga akan sedikit menjelaskan terkait asal mula peletakan cincin di setiap jari yang populer di berbagai belahan dunia.

1.  Makna Cincin di Ibu Jari/Jempol

Peletakkan cincin wanita di ibu jari tergolong jarang. Meski begitu, beberapa kalangan kerap memilih jempol sebagai tempat ideal. Artinya masih banyak dilakukan oleh beberapa kalangan. Beberapa orang yang menggunakan cincin pada jempol karena ukuran cincinnya terlalu.

Selain karena alasan kebesaran, ternyata ada makna lain. Menggunakan cincin di ibu jari juga menjadi simbol ketekunan, penonjolan diri dan juga tekad yang kuat bagi para pengguna cincin.

Penggunaan cincin di jempol juga bisa menandakan bahwa pemiliknya dari kalangan kelas atas atau elit.

2.  Cincin di Jari Telunjuk

Beberapa wanita banyak yang memilih menggunakan cincin di jari telunjuknya. Cincin di jari telunjuk juga termasuk memiliki makna. Telunjuk banyak dikaitkan dengan kaum bangsawan atau kerajaan. Selain itu, menggunakan cincin di telunjuk juga bisa menyimbolkan kepemimpinan.

Seiring dengan berkembangnya trend perhiasan modern, penggunaan cincin di jari telunjuk bisa memperkuat fashion statement. Selain itu, menggunakan cincin di jari telunjuk juga bisa menonjolkan style dan kepribadian.

3.  Cincin di Jari Tengah

Cincin yang diletakkan di jari tengah biasanya menyimbolkan keseimbangkan. Hal tersebut berdasarkan dari mitologi Yunani. Selain itu, jari tengah juga memiliki makna tanggung jawab.

Jika kita nilai secara estetik, cincin yang digunakan pada jari tengah bisa menunjukkan kecantikan. Selain itu, orang yang menggunakan cincin di jari tengah juga sering kali dikaitkan dengan kebijaksanaan.

4.  Cincin di Jari Manis

Cincin yang terletak di jari manis merupakan tipe yang paling sering digunakan. Penggunaan cincin ini sering dikaitkan juga dengan dengan tanda bahwa orang tersebut sudah bertunangan atau menikah. Cincin di jari manis umum dilakukan oleh perempuan maupun laki-laki.

Selain sebagai tanda bahwa seseorang sudah tunangan atau menikah, menggunakan cincin di jari manis juga melambangkan romantisme. Hal ini berdasarkan dari sejarah budaya barat seperti Eropa dan Amerika.

Di sisi lain, jika kita lihat dari perspektif orang-orang Yunani kuno, menggunakan cincin di jari manis juga memiliki makna cinta dan kreativitas.

5.  Cincin di Kelingking

Menggunakan jari di kelingking juga bisa dikatakan jarang atau tidak umum. Karena menggunakan jari di kelingking tergolong tidak terlihat bagus. Akan tetapi, ada beberapa kalangan yang suka menggunakan cincin di jari kelingking, alasannya karena cincin di kelingking terlihat lucu.

Jari kelingking sendiri merupakan lambang status pernikahan. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman, jari kelingking sudah tidak lagi ditunjukkan untuk tanda bagi seseorang yang sudah menikah.

Di dalam sebuah mitologi Yunani, menggunakan cincin di jari kelingking bisa menyimbolkan persuasi, intuisi dan intelegensi.

Kesimpulan

Cincin yang diletakkan di masing-masing jari ternyata bisa memiliki makna yang berbeda-beda. Bagi Anda yang bingung memilih ingin diletakkan di jari yang mana, setidaknya informasi di atas bisa membantu Anda memilih jari yang tepat.

Bagi Anda yang sedang mencari cincin wanita yang bagus dan bersertifikat SNI (Standar Nasional Indonesia), Anda bisa mendapatkannya di The Palace.

Share on Google Plus

About Rizky

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment