Tujuan, Manfaat, dan Cara Menggunakan BI Fast



Bank Indonesia selalu meluncurkan infrastruktur sistem yang membantu masyarakat lebih mudah melakukan transaksi. Infrastruktur sistem terbaru yang dikeluarkan dinamakan dengan BI Fast atau Bank Indonesia Fast Payment. Metode pembayaran ini ditawarkan untuk membuat biaya transfer antar bank menjadi lebih terjangkau. Sekarang sudah ada lebih dari 25 bank yang bekerja sama dengan Bank Indonesia. Pasalnya hanya bank-bank yang bekerja sama saja yang bisa menggunakannya.

Anda bisa menggunakan metode pembayaran ini seperti transfer biasa melalui layanan mobile banking bank yang digunakan. Lebih jelasnya, artikel ini membahas mengenai Bank Indonesia Fast Payment secara lebih dalam.

Tujuan Metode Transfer

Berdasarkan situs resmi Bank Indonesia, terdapat tiga tujuan mengapa inovasi satu ini dihadirkan untuk Anda. Langsung saja, berikut ini adalah tujuannya:


  1. Adanya metode transfer ini bertujuan untuk mendukung konsolidasi industri sistem pembayaran nasional dengan integrasi ekonomi keuangan digital secara end to end.

  2. Metode transfer ini sesuai dengan kebijakan Bank Indonesia dari segi stabilitas sistem keuangan, moneter, serta sistem pembayaran. Tujuannya demi mendukung terwujudnya ekosistem yang baik yaitu integrated, interconnected, dan juga interoperable.

  3. Metode transfer ini adalah national driven sesuai dengan kebijakan dan ketentuan yang berlaku.

Manfaat Metode Transfer

Masyarakat mendapatkan banyak manfaat dari adanya layanan Bank Indonesia Fast Payment ini yaitu:

  1. Transaksi realtime

Meskipun berasal dari pihak ketiga, bukan bank yang Anda gunakan. Namun Anda bisa mengirim uang secara realtime. Artinya pengiriman uang dilakukan saat itu juga. Selain itu, layanan ini juga bisa dilakukan selama 24 jam, termasuk malam hari dan akhir pekan.

  1. Lebih murah

Manfaat utama metode transfer dari Bank Indonesia ini adalah biaya transfer lebih murah. Biaya transfer ke bank lain pada umumnya sebesar Rp6.500,00. Sedangkan biaya transfer dari sistem ini hanya Rp2.500,00. Jadi lebih hemat Rp4.000,00 dibandingkan metode transfer realtime online.

  1. Fitur keamanan

Untuk menjaga keamanan, Bank Indonesia menerapkan beberapa fitur keamanan. Contohnya yaitu fraud detection, countering financial of terrorism, dan juga anti money laundering. Sistem keamanan yang baik memungkinkan Anda lebih nyaman dan aman saat mengirim uang ke orang lain.

  1. Lebih efisien

Manfaat yang terakhir yaitu lebih efisien dan mudah. Tidak harus menggunakan nomor rekening, Anda bisa mengirim dana ke nomor telepon atau email. Keduanya adalah proxy address yang digunakan sebagai pengganti dari nomor rekening yang biasanya panjang.

Cara Menggunakan

Bank Indonesia bekerja sama dengan 25 bank yang ada di Indonesia, salah satunya yaitu Bank Sinarmas. Jadi Anda bisa menggunakan metode transfer untuk mengirim dana ke bank lain. Tidak perlu mengunduh aplikasi baru, Anda bisa transfer melalui m-banking atau internet banking

Bukan hanya itu saja, ada keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan apabila transfer melalui m-banking SimobiPlus yaitu biaya gratis. Anda bisa memanfaatkan promo gratis transfer sepuasnya ke berbagai bank sampai dengan 31 Desember 2022. Sangat menguntungkan untuk Anda yang sering transfer ke bank lain.

Berikut ini adalah cara transfer menggunakan m-banking SimobiPlus:

  • Masuk ke aplikasi SimobiPlus, selanjutnya pilih menu “Transfer”.

  • Lanjutkan dengan memilih sub menu “Transfer Domestik”.

  • Pilih jenis tujuan transfer (nomor rekening/nomor HP/email).

  • Masukkan nominal dana yang akan ditransfer dan rekening sumber dana.

  • Pilih metode “Transfer BI-Fast”.

  • Masukkan kode SMS Token yang dikirimkan ke nomor Anda.

  • Selesai.

Itulah penjelasan mengenai metode transfer yang sangat memudahkan nasabah yaitu BI Fast atau Bank Indonesia Fast Payment. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat untuk Anda yang sering transfer ke bank lain. Jika ingin mencari tahu layanan Bank Sinarmas lebih dalam, kunjungi saja website www.banksinarmas.com

Share on Google Plus

About Rizky

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment