Inilah Keuntungan Jika Kuliah S2 Online, Bisa Sambil Kerja

Kuliah S2 atau magister merupakan jenjang pendidikan pascasarjana yang membantu membuka peluang karir lebih tinggi. Di era kemajuan teknologi ini, kuliah S2 tidak hanya bisa dilakukan secara offline di kampus, namun juga bisa dilakukan secara online. Kuliah S2 online menjadi salah satu pilihan yang biasanya ditawarkan oleh universitas untuk memudahkan mahasiswa. Pasalnya ada banyak keuntungan dari kuliah online yaitu:

Hemat Waktu dan Tenaga

Keuntungan pertama jika kuliah online adalah bisa hemat waktu dan tenaga. Anda tidak perlu jauh-jauh ke kampus untuk belajar sehingga bisa lebih hemat tenaga dan waktu. Selain itu, Anda bisa melakukan kegiatan produktif selama menunggu jam kuliah dimulai.

Hemat Biaya Transportasi

Bukan hanya hemat waktu dan tenaga saja, namun Anda juga bisa hemat biaya transportasi. Pasalnya Anda tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi untuk ke kampus. Selain itu jika Anda masih kos, kuliah online memungkinkan Anda untuk melakukannya di rumah, jadi bisa hemat biaya kos.

Bisa Dilakukan Sambil Kerja

Sebagian besar mahasiswa yang mengambil program S2 adalah mahasiswa produktif. Mereka sudah bekerja namun ingin mendapatkan gelar untuk meningkatkan karir. Kuliah online membantu Anda mendapatkan gelar magister tanpa harus merelakan pekerjaan. Anda tetap bisa kuliah sambil kerja dengan mudah.


Melatih Tanggung Jawab dan Disiplin

Kuliah online bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja tanpa pengawasan. Hal tersebut terkadang membuat beberapa mahasiswa menjadi seenaknya. Komitmen untuk mendapatkan gelar dan kompetensi baru membuat Anda lebih tanggung jawab serta disiplin. Jadi meskipun tidak bertatap muka langsung dengan dosen, Anda tetap fokus memperhatikan materi perkuliahan.

Mudah Mendapatkan Materi Perkuliahan

Materi perkuliahan online pastinya berbentuk soft file. Tujuannya agar mahasiswa lebih mudah melihat materi yang disampaikan melalui komputer. Materi soft file tersebut menguntungkan karena Anda bisa mendapatkannya dengan mudah tanpa menulisnya di buku. Selain itu, materi soft file juga mudah dipelajari karena tersimpan dengan aman di gadget Anda. 

Waktu Kuliah Lebih Singkat

Pada umumnya, waktu perkuliahan kelas online atau khusus lebih singkat dibandingkan kelas reguler. Hal ini sangat menguntungkan untuk Anda yang memiliki kesibukan tinggi. Jadi kesibukan kerja dan perkuliahan sama-sama berjalan dengan baik.

Rekomendasi Universitas dengan Program S2 Terbaik

Jika ingin melanjutkan kuliah untuk meningkatkan kesempatan karir, maka sebaiknya Anda pilih universitas yang memiliki reputasi dan kredibilitas baik. Universitas Indonesia atau UI adalah pilihannya. Berikut kelebihan kuliah S2 di kampus ini:

Pilihan kelas beragam

Sebagai kampus terbaik di Indonesia, Kampus Perjuangan ini memang menawarkan banyak keuntungan bagi mahasiswa program pascasarjana. Salah satu keuntungannya adalah pilihan kelas beragam. Anda bisa menentukan kelas berdasarkan kebutuhan. Setidaknya ada tiga kelas yang ditawarkan yaitu kelas Reguler, Khusus, dan Riset.

Fakultas dan program studi banyak

Berbeda dengan fakultas dan program studi jenjang sarjana yang sangat banyak, fakultas dan program studi jenjang pascasarjana biasanya lebih terbatas. Namun kampus ini menawarkan cukup banyak pilihan mulai dari Kedokteran, Kedokteran Gigi, MIPA, Farmasi, Teknik, Ekonomi, Hukum, Ilmu Pengetahuan Budaya, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Kesehatan Masyarakat, Psikologi, dan masih banyak yang lainnya.

Memiliki reputasi yang baik

Kampus dengan reputasi yang baik akan mempermudah karir Anda di masa depan. Universitas Indonesia adalah kampus terbaik di Indonesia versi THE (Times Higher Education) World University Rankings tahun 2022.

Itulah keuntungan yang bisa Anda dapatkan apabila kuliah S2 online. Jika ingin kuliah S2 di Universitas Indonesia, Anda harus melakukan tes ujian masuk melalui SIMAK yang digelar setiap tahun. Informasi pendaftaran mahasiswa baru akan selalu diperbarui di website www.ui.ac.id. 

Share on Google Plus

About Rizky

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment