Apa yang Memengaruhi Harga Cincin Nikah?

Setiap pasangan menginginkan cincin nikah yang nyaman, indah, dan berkesan. Hal tersebut lantaran cincin nikah akan digunakan selamanya, bahkan hingga diwariskan kepada anak cucu. Hal terpenting dalam memilih cincin nikah adalah menentukan budget. Namun untuk menentukannya, Anda harus mengetahui faktor apa saja yang memengaruhi harga cincin nikah

Dengan mengetahui faktor-faktornya, Anda bisa mempertimbangkan budget untuk membeli cincin. Tidak perlu berlama-lama lagi, berikut ini berbagai faktor yang memengaruhi harga cincin:

Model

Model cincin memengaruhi harga karena semakin sulit modelnya maka membutuhkan keahlian yang lebih tinggi. Selain itu, cincin dengan model yang sulit juga membutuhkan waktu pengerjaan yang lebih lama. Apabila ingin menghemat budget, Anda bisa memilih cincin dengan desain yang simple. Contoh model cincin simple yang sering digunakan untuk cincin nikah adalah cincin solitaire dengan satu berlian minimalis.

Kandungan Karat Emas

Jika membeli cincin nikah emas, maka kandungan karat emas juga memengaruhi harganya. Karat sendiri adalah satuan untuk menghitung kandungan emas dalam sebuah cincin. Variannya beragam mulai dari 16 karat hingga 24 karat. 

Semakin tinggi nilai karat harganya akan semakin mahal karena kemurniannya semakin tinggi. Namun disarankan untuk memilih cincin dengan 16-18 karat saja. Pasalnya cincin 14 karat terlalu lunak.

Kadar Emas

Bukan hanya kandungan emas atau karat saja yang memengaruhi harga cincin nikah emas, kadar emas juga memengaruhinya. Perlu Anda ketahui bahwa cincin emas tidak selalu mengandung kadar 100% emas. Ada bahan lain yang bisa saja ditambahkan di dalamnya. Semakin tinggi kadar biasanya harganya akan semakin tinggi. Namun paling tidak cincin nikah berkadar 70%.

Batu Permata

Cincin nikah akan lebih indah apabila menggunakan batu permata. Salah satu batu permata yang paling banyak ada di cincin nikah adalah berlian. Batu permata terkeras tersebut memiliki keindahan dan ketahanan yang tinggi sehingga banyak dipilih. 

Selain berlian, ada beberapa batu permata lain yang bisa digunakan seperti emerald, sapphire blue, ruby, dan lain sebagainya. Setiap jenis batu permata memiliki harga yang berbeda-beda sehingga memengaruhi harga cincin.

Kualitas Batu Permata

Meskipun sama-sama berlian, namun kualitas dari berlian bisa berbeda-beda. Itulah yang kemudian juga memengaruhi harga cincin. Pada umumnya, kualitas berlian dipengaruhi oleh empat faktor yaitu cut atau potongan, carat atau berat karat, color atau warna, dan clarity atau kejernihan. Perbedaan kualitas tersebut juga berlaku pada batu permata selain berlian.

Material Cincin

Selain emas, masih banyak material cincin lain yang bisa digunakan untuk cincin nikah. Contohnya yaitu platinum, palladium, perak, dan lain sebagainya. Harga dari platinum lebih mahal karena kelangkaan yang tinggi. Sedangkan harga perak paling terjangkau karena ketahanannya tidak sebaik material lainnya. Pertimbangkan pemilihan material saat membeli cincin nikah.

Toko Tempat Membeli

Harga emas, berlian, dan material cincin nikah lain pada umumnya memiliki standar sendiri. Meskipun begitu, setiap toko perhiasan juga memiliki kebijakan dalam menentukan harganya. Jadi jangan heran apabila harga cincin di toko satu lebih terjangkau atau lebih mahal dibandingkan toko lainnya. Pilih toko perhiasan dengan baik agar mendapatkan cincin yang lebih terjangkau.

Itulah beberapa hal yang memengaruhi harga cincin nikah. Jika ingin mencari toko perhiasan yang menawarkan harga terjangkau, Anda bisa memilih The Palace. Ada cincin nikah untuk wanita saja dan ada juga yang couple atau berpasangan. Memilih cincin couple lebih terjangkau karena harganya untuk dua cincin sekaligus. Daripada penasaran dengan koleksi The Palace, Anda bisa langsung mengunjungi website resminya yaitu www.thepalacejeweler.com. 

Share on Google Plus

About Rizky

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment