Cara Alami yang Bisa Dilakukan untuk Mengatasi Ruam Anak

 


Sistem imun atau kekebalan tubuh anak yang belum sempurna membuat mereka rentan terserang virus dan bakteri penyebab penyakit. Selain demam, masalah kesehatan lain yang sering dialami oleh anak-anak adalah ruam. Beberapa jenis ruam anak yang sering terjadi yaitu ruam popok, ruam kulit, biduran, dan lain sebagainya. Memang sebagian besar ruam tidak berbahaya, namun bisa membuat si Kecil merasa tidak nyaman dan rewel. Sebelum menjadi parah, Anda harus mengatasi ruam dengan beberapa cara alami berikut ini:

Menggunakan Oatmeal

Oatmeal adalah makanan sehat yang biasa dikonsumsi si Kecil untuk sarapan. Tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan nutrisi anak, oatmeal juga bisa digunakan untuk mengatasi ruam. Makanan yang mengandung banyak serat ini dikenal dengan sifat biologis aktif. 



Oatmeal bisa menjadi anti-inflamasi dan antioksidan yang mampu meredakan alergi pada kulit anak-anak atau bayi. Berikan oatmeal pada si Kecil sebagai menu sarapan sehat. Tambahkan buah-buahan yang memiliki banyak kandungan antioksidan.

Menggunakan Garam Epsom

Cara alami untuk mengatasi ruam anak selanjutnya yaitu menggunakan garam epsom. Sudah sejak lama garam epsom digunakan untuk relaksasi dan mengatasi nyeri otot. Caranya yaitu dengan mencampurkan garam epsom dengan air hangat, selanjutnya air tersebut digunakan untuk mandi. 

Tidak hanya untuk relaksasi dan mengatasi nyeri otot saja, larutan garam epsom dan air hangat tersebut juga bisa membantu menghilangkan kerak kulit dan gatal akibat ruam. Tingginya kandungan kalsium pada garam epsom mampu mengurangi peradangan dan meningkatkan kelembaban kulit.

Menggunakan Tanaman Herbal

Ada beberapa tanaman herbal yang bisa membantu mengatasi ruam pada anak. Dari banyaknya tanaman yang ada, ekstrak daun kesemek dan lidah buaya adalah dua tanaman yang paling direkomendasikan. 

Gunakan bagian gel dari lidah buaya untuk mengatasi gatal akibat dermatitis atopik. Sedangkan, ekstrak daun kesemek baik digunakan untuk mencegah serta menyembuhkan dermatitis atopik. Beberapa tanaman herbal lain yang juga dikenal dengan manfaatnya untuk mengatasi ruam yaitu mimba, kamomil, kemangi, ketumbar, dan marigold.

Menggunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah bahan alami yang terbuat dari ekstrak daging kelapa. Bahan yang biasanya digunakan untuk menggoreng makanan ini telah lama dimanfaatkan sebagai pelembab kulit. Kandungan lemak jenuh yang tinggi di dalam minyak kelapa diketahui memiliki manfaat sebagai anti-inflamasi dan anti septik. 

Akan tetapi beberapa anak mengalami iritasi ketika menggunakan minyak kelapa. Oleh sebab itu, Anda juga harus berhati-hati saat menggunakannya. Cobalah untuk menguji di lengan bagian dalam sebelum menjadikan minyak kelapa sebagai obat ruam atau anti-alergi.

Menggunakan Soda Kue

Soda kue memiliki beberapa manfaat untuk kulit seperti menyeimbangkan pH, anti-inflamasi, dan mengurangi alergi pada kulit. Cara menggunakan soda kue untuk mengatasi ruam yaitu menjadikannya sebagai pasta atau digunakan untuk mandi. 

Saat menjadikannya pasta, Anda bisa mencampurkan dengan minyak kelapa atau air. Oleskan selama kurang lebih 10 menit, selanjutnya bilas hingga bersih. Sedangkan perbandingan antara soda kue dan air hangat untuk mandi adalah 1 cangkir dengan 1 ember air.

Itulah beberapa cara mengatasi ruam anak yang bisa Anda pilih. Sebelum menggunakan cara-cara di atas, sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter untuk meminimalisir efek samping. Sedangkan untuk Anda yang merupakan profesional di bidang kesehatan, pediatri, dan nutrisi anak, bergabunglah dengan platform Nutricia Professional. Salah satu platform yang dihadirkan ini membantu Anda mendapatkan ilmu baru seputar pediatri dan nutrisi anak. Banyak profesional yang akan bertukar ilmu sehingga banyak ilmu baru yang bisa didapatkan. Selengkapnya mengenai Nutricia Professional ada di website nutriciaprofessional.id.

Share on Google Plus

About Rizky

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment