Tips Belajar Desain Grafis Otodidak

Apakah seseorang bukan lulusan jurusan desain dapat menjadi desainer? Jawabannya adalah bisa. Memang, kuliah design menjadi modal utama agar seseorang dapat menjadi desainer. Namun bagi Anda yang bukan lulusan jurusan desain dan tertarik belajar desain terutama desain grafis secara otodidak, tidak menutup kemungkinan Anda akan menjadi ahli. 

Lalu apa saja tips belajar desain grafis secara otodidak? Artikel ini telah merangkum beberapa tips untuk Anda yang ingin belajar desain grafis secara otodidak. Yuk simak. 

1. Niat

Hal pertama yang dibutuhkan dalam belajar desain grafis secara otodidak adalah niat. Jangan sampai Anda tidak memiliki sedikitpun niat untuk belajar desain. Dengan niat, maka Anda telah membuat satu langkah untuk menjadi seorang desainer grafis. Kuatkan niat Anda bahwa Anda ingin menjadi desainer grafis dan mungkin bekerja di bidang tersebut. 

2. Bekerja lebih keras

Tips selanjutnya adalah Anda harus bekerja lebih keras. Anda harus membuktikan bahwa Anda tidak kalah dengan orang yang menempuh kuliah design. Kenapa Anda harus bekerja keras? Karena nantinya Anda akan bersaing dengan orang-orang yang telah terlebih dahulu belajar desain ketimbang Anda. 

Anda harus mencari ilmu dari berbagai sumber agar pengetahuan Anda tidak kalah dengan para pesaing Anda. Banyak sekali referensi yang dapat Anda gunakan untuk mencari ilmu. 

3. Belajar teori desain

Belajar teori desain sangat penting karena dengan memiliki teori ini, Anda memiliki dasar atau fundamental dari desain. Dengan memahami dasar-dasar desain, maka aplikasi apapun yang Anda gunakan Anda dapat mengembangkannya. 

Teori dasar desain ibarat sebuah pondasi bangunan. Apabila pondasi bangunan Anda sudah kuat, maka Anda dapat membuat bangunan seperti apapun, bahkan bangunan tinggi seperti gedung pencakar langit. Anda perlu memahami dasar-dasar desain, prinsip desain, dan teori tentang desain lainnya. Tentu saja ilmu ini juga diberikan untuk mahasiswa yang menempuh kuliah design. 

4. Belajar software desain

Tips yang selanjutnya adalah belajar software desain. Setelah Anda memahami teori tentang desain, selanjutnya Anda diharuskan untuk praktek. Waktunya Anda menerapkan teori yang telah Anda pelajari sebelumnya. Anda dapat mencoba software yang ringan terlebih dahulu sebagai permulaan. 

Setelah Anda memahami tools software tersebut, Anda dapat melakukan eksplor mandiri untuk mengembangkan kemampuan desain Anda. Memang, Anda membutuhkan usaha dan waktu yang lebih banyak dalam berlatih. Tapi tidak ada yang mustahil apabila Anda telah memiliki niat yang sangat kuat. 

Setelah Anda menguasai software desain yang ringan, selanjutnya Anda dapat beralih pada software desain yang lebih kompleks. Anda akan kembali mempelajari tools yang ada pada software tersebut dan melakukan eksplorasi mandiri. 

Apabila Anda menguasai banyak software desain, Anda dapat memilih software terbaik untuk melakukan kegiatan desain Anda atau tak menutup kemungkinan Anda menggunakan software desain lebih dari satu. 

5. Terus mengembangkan diri

Tips selanjutnya adalah Anda harus mengembangkan diri. Dengan Anda terus mengembangkan diri, maka karya Anda akan mengalami kenaikan dari waktu ke waktu. Mungkin Anda merasa minder karena tak sebanding dengan karya orang lulusan desain. Dengan mengembangkan diri, terus meningkatkan kualitas karya, tak menutup kemungkinan Anda akan melampaui saingan Anda. 

Demikianlah tips untuk Anda yang ingin belajar desain grafis secara otodidak. Namun apabila Anda tertarik untuk mendalami ilmu desain di bangku kuliah, Anda dapat memilih International Design School sebagai pilihan Anda. 

International Design School menyediakan fasilitas yang sangat lengkap untuk Anda mengembangkan passion Anda dalam desain. Segera daftarkan diri Anda dan bergabunglah bersama International Design School. 



Share on Google Plus

About Rizky

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment