Tips Memilih Jenis Bahan Bangunan yang Berkualitas

Jenis Bahan Bangunan
Jenis Bahan Bangunan

Rumah yang nyaman tentunya menjadi keinginan setiap orang. Memiliki hunian bukan perkara sulit apabila kita memiliki persiapan yang baik. Tidak hanya tentang biaya yang diperlukan, memilih jenis bahan bangunan juga penting. Bahan bangunan yang anda gunakan memiliki efek terhadap kualitas bangunan. untuk itu, kenali jenis bahan bangunan dan bagaimana memilih bahan bangunan berkualitas. 

Material atau bahan bangunan sangat menentukan hasil akhir dari bangunan yang akan dibangun. Material bangunan dengan kualitas yang baik tentunya akan menghasilkan bangunan dengan kualitas baik pula. Jangan sampai anda salah dalam memilih material bangunan yang digunakan untuk membangun rumah. Beberapa tips berikut ini dapat membantu anda dalam menentukan pilihan jenis bahan bangunan yang baik dan berkualitas. 

  • Tips memilih batu pondasi 



Setiap rumah pasti memiliki pondasi yang akan mempengaruhi struktur bangunan. Jenis batu yang baik untuk pondasi rumah adalah jenis batu belah. Untuk batu belah ini ada yang berupa batu hitam dan batu putih kecoklatan. Batu belah biasanya didapat dari daerah gunung berapi aktif maupun perbukitan. 

  • Memilih besi beton 


Pada umumnya, besi beton digunakan untuk bangunan yang memiliki tegangan tinggi, misalnya ketika kita membangun bangunan bertingkat sudah pasti membutuhkan besi beton agar kuat. Untuk mendapatkan besi beton berkualitas, sebaiknya pilihlah besi beton yang sudah memiliki SNI (Standar Nasional Indonesia). 

  • Tips memilih batu bata 


Batu bata yang memiliki kualitas tinggi cukup mudah dikenali. Kalian dapat ketuk – ketuk permukaan pada batu bata dan dengarkan suara yang muncul. Batu bata dengan kualitas tinggi ditandai dengan suara ketukan yang begitu nyaring. Saat diangkat, batu bata akan terasa ringan dan memiliki pori - pori yang padat. 

  • Memilih genteng 



Pada umumnya, genteng yang baik merupakan genteng yang dapat memenuhi kebutuhan penggunanya yakni melindungi dalam bangunan, memberikan kenyamanan, terhadap akan cuaca, warna yang tidak cepat pudar, serta awet dan tahan lama. 

  • Memilih semen berkualitas 


Semen merupakan bahan bangunan yang sangat penting karena berfungsi untuk merekatkan bahan bangunan yang satu dengan lainnya. Semen digunakan hampir pada seluruh bangunan mulai dari pondasi, dinding, lantai dan sebagainya. Anda dapat menekan semen dari luar kemasan untuk mengetahui kualitasnya. Ciri ciri semen yang berkualitas baik adalah semen yang seluruh butirannya bisa terurai dan nampak lembut seperti debu, serta tidak menggumpal. Pilihlah semen dengan merk terkenal sebagai jenis bahan bangunan berkualitas. 

Semen tiga roda telah menjadi kepercayaan para ahli bangunan dalam setiap konstruksi. Dengan formula master tech, semen tiga roda memberikan kualitas bangunan yang selamanya kokoh terpercaya.
Share on Google Plus

About Rizky

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment