Dampak Perkembangan Teknologi Internet Terhadap Pola Jual Beli


Perkembangan teknologi internet- Jika dibandingkan dengan zaman dulu yang dulu sekali, sebelum adanya teknologi dan munculnya uang, masyarakat melakukan sistem jual beli dengan tukar menukar atau barter. Nah, lihat di zaman sekarang yang serba modern dan canggih dengan semua serba serbi dipadukan dengan dunia maya. Dulu memang tidak ada yang namanya jual beli online, tetapi sekarang sudah menjadi kebiasaan yang katakanlah itu mendarah daging. Berapa saja toko online yang ada di Indonesia, dari shopee, lazada, tokopedia, blibli, bukalapak, olx, dan masih banyak lainnya. 

Hal Ini menunjukkkan adanya perkembangan teknologi yang signifikan dari tahun ke tahun. Sebab, munculnya jual beli online tidak muncul bersamaan, tetapi dipelopori oleh beberapa kemudian mengakibatkan munculnya toko- toko online yang lainnya. Pola jual beli masyarakat dahulu dengan sekarang jelas mengalami perubahan. Perkembangan teknologi internet membawa dampak besar bagi perekenomian dunia, khususnya Indonesia. Dari sisi orang yang memproduksi barang- barang kemudian dijual secara online, mereka dapat meraup kentungan yang besar sekalipun dengan persaingan penjualan yang makin ketat. 

Akan tetapi, hal itu dibarengi dengan semakin konsumtifnya masyarakat Indonesia. Apalagi sistem jual beli online ini semakin banyak peminatnya dengan beberapa alasan lebih mudah dan praktis, bisa mendapatkan harga yang murah, tanpa perlu kerepotan tawar menawar, ekonomis karena menghemat tenaga, dan sangat inspiratif bagi orang- orang yang sibuk tetapi mereka gemar berbelanja. Tidak bisa dipungkiri memang. Setidaknya ada timbal balik yang tidak akan merugikan salah satu pihak saja. Seiring dengan meningkatnya populasi toko jual beli online, dari yang resmi maupun perseorangan seperti yang banyak ada di media sosial instagram. kini pun bertambah banyak penyedia jasa pengiriman barang yang mampu mengirimkan barang hingga sampai pada alamat pelosok sekalipun. 

Tentu ini tidak akan menjadi canggung bagi mereka yang suka berbelanja online. Dari Pos Indonesia, JNE, JNT, dan pengiriman jasa lainnya. Dan, hal ini menjadi seimbang dan semakin memberikan kemudahan. Orang- orang pun juga semakin giat menjualkan produk- produknya. Inilah sebagian dampak perkembangan teknologi internet dari tinjauan bidang perekenomian. Meta Deskripsi: Perkembangan teknologi internet- Jika dibandingkan dengan zaman dulu yang dulu sekali, sebelum adanya teknologi dan munculnya uang, masyarakat melakukan sistem jual beli dengan tukar menukar atau barter
Share on Google Plus

About Rizky Aditia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment