Tegangan Genset Tidak Keluar? Inilah Penyebabnya

Tegangan Genset Tidak Keluar? Inilah Penyebabnya! Genset merupakan suatu perangkat yang terdiri dari generator dan penggerak yaitu mesin diesel. Generator ini berfungsi mengubah tenaga gerak mekanis menjadi energi listrik. Sesuai dengan fungsi genset yaitu untuk menghasilkan listrik yang dialirkan ke suatu jaringan instalasi listrik dan digunakan untuk menjalankan berbagai peralatan listrik.

Dalam pengoperasiannya, genset bisa saja terjadi permasalahan atau kerusakan yang mungkin terjadi seperti tegangan genset tidak keluar. Berikut penyebab dan cara memperbaiki genset tidak keluar tegangan.

Tidak keluar tegangan pada genset dapat terjadi karena beberapa hal, di antara lain:

  • Mesin genset tidak beroperasi dengan normal

 

Mesin genset yang tidak beroperasi dengan normal dapat menjadi penyebab tegangan genset tidak keluar.

Cara memperbaiki:

Cara memperbaiki genset tidak keluar tegangan akibat mesin yang tidak beroperasi dengan normal yaitu hidupkan mesin penggerak genset dan pastikan putaran mesin sudah normal dengan kecepatan 1500 Rpm. Jika putaran masih kurang maka menaikkan putaran mesin sampai didapat kecepatan yang normal.

  • Saklar utama pada genset belum terhubung

 

Saklar penghubung dari genset menuju instalasi listrik harus dinyalakan agar tegangan listrik dapat mengalir ke instalasi listrik. Setelah menyalakan mesin beroperasi dengan putaran normal, kemudian saklar utama dihubungkan. Saklar berfungsi untuk menghubungkan atau memutuskan aliran listrik dari genset menuju instalasi listrik dan sebagai pengaman saat terjadi arus lebih atau korsleting.

Saat genset sudah dinyalakan lalu tegangan yang keluar berasal dari genset dan saklar utama tidak memiliki tegangan berarti masalah ada pada saklar utama.

Bagaimana cara memperbaiki:

 

Jika sakelar utama rusak maka pasang saklar utama sehingga listrik dari generator dapat dihubungkan dan mengalir ke instalasi listrik dan pastikan jika kabel dalam kondisi baik dan terhubung dengan baik.

 

Dioda (Rotating Rectifier)

 

Dioda penyearah atau rotating rectifier adalah penyebab genset tidak keluar tegangan listrik lainnya.
Share on Google Plus

About Rizky

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment