Cara Membuat Kursi Dari Ban Bekas yang Mudah Anda Ikuti

cara membuat kursi dari ban bekas


Tanpa kita sadari, ada cukup banyak barang-barang bekas yang menumpuk dan tidak berguna di rumah. Salah satu barang bekas yang sering ada di rumah adalah ban bekas. Sebagian dari Anda bahkan membuang ban bekas karena dianggap tidak mungkin berguna lagi. Padahal Anda tidak perlu buru-buru membuang ban bekas. Pasalnya, barang tersebut bisa dimanfaatkan untuk membuat kursi yang indah dan artistik. Merasa kurang kreatif membuat kursi dari ban bekas? Tenang saja cara membuat kursi dari ban bekas sangat mudah dan simpel untuk diikuti oleh semua orang. Langsung saja, berikut bahan yang dibutuhkan dan cara membuatnya:

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan


Sebelum mulai membuat kursi, Anda harus mempersiapkan beberapa alat dan bahan terlebih dahulu. Tenang saja, alat dan bahan yang digunakan tidaklah sulit untuk didapatkan. Selain itu, harganya juga tidak mahal sehingga Anda tidak akan merasa terbebani. Beberapa alat dan bahan yang perlu dipersiapkan yaitu:

1. Satu atau dua ban bekas (sebaiknya ban bekas mobil)

2. Triplek kayu berukuran sesuai dengan ban

3. Lem tembak

4. Tali tambang dengan ukuran sedang

5. Gunting

6. Bor listrik

7. Baut berukuran sedang

8. Cat vernis untuk kayu

Cara Mudah Membuatnya

Setelah menyiapkan alat dan bahan, selanjutnya Anda bisa langsung mengikuti cara membuat kursi dari ban bekas berikut ini:

1. Bersihkan ban terlebih dahulu hingga bersih, kemudian keringkan

2. Letakkan triplek kayu di atas ban, kemudian lubangi beberapa sisi triplek dengan bor listrik. Hal tersebut bertujuan untuk menempatkan baut.

3. Ambil tambang dan buatlah motif secara melingkar di atas triplek maupun ban. Gunakan lem tembak untuk merekatkan tambang ke ban dan triplek kayu.

4. Apabila seluruh permukaan sudah ditutup oleh tali tambang, Anda bisa melakukan finishing menggunakan cat vernis.

5. Diamkan selama satu hari satu malam agar cat kering. Selanjutnya Anda sudah bisa menggunakannya untuk duduk bersantai.

Itulah cara membuat kursi dan ban bekas yang sangat mudah diikuti oleh siapa saja. Anda juga bisa menambahkan kaki pada kursi yang dibuat agar lebih tinggi. Gunakan saja kaki dari beton dengan campuran semen karena lebih kokoh dan kuat. Pilih Semen Tiga Roda untuk membuat campuran beton karena merk semen ini memiliki kualitas yang baik.

Selain itu, Semen Tiga Roda juga bisa didesain dengan motif tertentu sehingga tampilan lebih indah dan artistik. Tertarik menggunakan Semen Tiga Roda? Langsung saja kunjungi website sementigaroda.com untuk informasi lebih lengkap.

Share on Google Plus

About Irsan Erlangga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment