Pentingnya Mengetahui Perkembangan Bayi Setiap Saat

perkembangan bayi
Mengetahui perkembangan bayi sejak ia lahir hingga usia 2 tahun sangatlah penting bagi setiap orang tua. Karena hal ini sangat berkaitan dengan tumbuh kembang nya yang apabila terjadi gangguan maka bisa ditangani sejak dini. Tidak sedikit sumber yang bisa dijadikan sebagai referensi untuk mengetahui tumbuh kembang anak. Walau bunda juga harus menyaring nya secara selektif guna memastikan informasi yang diberikan benar-benar terpercaya.

Adapun perkembangan bayi yang harus diperhatikan cukup beragam mulai dari kemampuan motorik kasar, motorik halus hingga perkembangan fisik lainnya seperti berat badan yang terus meningkat setiap bulannya. Apalagi di masa-masa saat bayi sudah mulai dikenalkan dengan makanan padat seperti mpasi. Di mana banyak sekali bunda yang mengalami kesulitan dalam mengatasi kenaikan berat badan saat di kecil dihadapkan dengan makanan.

(source:https://hellosehat.com/wp-content/uploads/2019/11/perkembangan-kemampuan-bahasa-bayi-400x211.jpg)

Gerakan tutup mulut atau biasa disebut dengan gtm adalah salah satu masalah yang dihadapi oleh setiap bayi. Jika hal ini dibiarkan begitu saja tentu akan memberi dampak buruk bagi perkembangan bayi. Kekurangan nutrisi yang dibutuhkan selama masa pertumbuhan akan berpengaruh besar terhadap perkembangan otak maupun anggota tubuh lainnya. Untuk itu bunda harus mengetahui secara pasti bagaimana mengolah makanan yang memiliki gizi tinggi dan disesuaikan dengan selera si kecil.

Jika kurang memahami porsi makanan yang harus dikonsumsi maka bunda bisa melakukan konsultasi dengan dokter anak. Biasanya mereka  akan memberikan rekomendasi seputar jenis makanan apa saja yang bisa diberikan untuk meningkatkan berat badan.

Sebagai informasi tambahan jika berat badan bayi tidak mengalami kenaikan selama tiga bulan berturut-turut maka bisa saja terjadi indikasi medis. Untuk itu sangat disarankan bagi setiap bunda untuk melakukan pemeriksaan rutin baik puskesmas maupun ke dokter anak. Melalui grafik perkembangan bayi dapat dipastikan apakah mengalami kemajuan atau harus dilakukan penanganan medis.

Atau dengan pemeriksaan rutin ini juga bunda bisa mengetahui apakah anak mengalami speech delay. Satu kondisi yang memang harus ditangani sejak dini agar tidak terlambat ke depannya. Dan dengan metode ini juga pulalah bunda bisa memastikan gak perkembangan bayi optimal.
Share on Google Plus

About Rizky

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment