Kenali Alat Pengecek Kehamilan pada Wanita

alat pengecek kehamilan
Kehamilan merupakan salah satu fase yang menandakan bahwa telah terjadi pembuahan pada sel telur. Kehamilan dapat dideteksi secara dini dengan menggunakan alat pengecek kehamilan yang sering kita sebut dengan testpack. Kehamilan tentu berkaitan erat dengan kesuburan. Jika kehamilan dapat dicek menggunakan alat, apakah kesuburan bunda dapat diukur menggunakan alat? Iya, kesuburan bunda dapat dicek menggunakan suatu alat yang disebut dengan ovutest. 

Lalu apa bedanya alat pengecek kehamilan dengan ovutest? Testpack kehamilan berfungsi untuk mendeteksi kehamilan bunda. Kehamilan dapat dideteksi dengan menggunakan urine bunda dimana dalam urin tersebut terdapat hormon HCG (human chorionic gonadotropin). Hormon tersebut diproduksi oleh plasenta yang menempel pada dinding rahim dalam ibu hamil. Jika terdapat hormon HCG maka testpack akan menunjukkan hasil positif yang ditandai dengan 2 tanda strip merah. 
alat pengecek kehamilan
Hormon HCG umumnya meningkat 2 kali lipat pada minggu kedua atau ketiga di awal kehamilan. Oleh karena itu, bunda dianjurkan untuk mengecek kehamilan pada saat terlambat datang bulan. Berbeda dengan testpack kehamilan, testpack kesuburan atau yang dikenal dengan ovutest memiliki fungsi untuk mendeteksi siklus haid maupun kesuburan seorang bunda. Ovutest bekerja dengan cara mendeteksi adanya peningkatan hormon LH atau luteinizing hormone yang terdapat dalam urin bunda. 

Jika terdapat peningkatan hormon, maka menandakan bahwa saat itu sedang terjadi ovulasi. Jika Bunda merencanakan kehamilan, maka di fase itulah ada kemungkinan pembuahan terjadi. Selain digunakan untuk mengukur kesuburan perempuan, ovutest juga dapat digunakan oleh Bunda untuk mengetahui siklus haid bunda. 

Anda perlu mengunduh aplikasinya terlebih dahulu pada smartphone Anda untuk mengetahui data yang diperoleh. Anda perlu mengaktifkan bluetooth pada handphone Anda agar tersambung dengan femometer. Kemudian letakkan femometer pada  bagian bawah lidah sehingga terdeteksi suhu basal. Dengan demikian Anda dapat mengetahui informasi mengenai masa kesuburan Anda serta siklus menstruasi

Berbeda dengan jenis ovutest lainnya, ovutest termometer akan mendeteksi peningkatan suhu basal tubuh Bunda sehingga dapat terdeteksi bahwa fase ovulasi sedang terjadi. Femometer memang dapat dipakai untuk mengetahui kesuburan Bunda. Namun alat ini tak dapat Bunda gunakan sebagai alat untuk mendeteksi kehamilan karena hasilnya tentu tak akan akurat seperti test pack kehamilan.
Share on Google Plus

About Rizky

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment