Mengenal Jenis-Jenis Alat Tes Kesuburan

Hasil gambar untuk Alat Tes Kesuburan femometer

Untuk menentukan masa subur bisa dilakukan melalui perhitungan siklus masa haid. Rumusan tersebut dikenal dengan istilah kalender kesuburan. Namun kini ada lagi cara yang lebih praktis dan cepat, yakni menggunakan alat tes kesuburan yang banyak dijual di drugstore.

Alat tes kesuburan sangat diperlukan oleh pasangan suami istri yang sedang mengupayakan kehamilan. Sama halnya dengan kalender kesuburan, alat ini berguna untuk mendeteksi wanita sedang dalam masa subur atau tidak. Perlu diketahui kehamilan terjadi bukan semata-mata ditentukan dari frekuensi berhubungan seksual, melainkan kapan waktu yang tepat hubungan seksual tersebut dilakukan.Melakukan hubungan seksual di masa subur berpeluang besar menyebabkan kehamilan. Sebab, di masa itulah sel telur melepaskan diri dan siap untuk dibuahi sperma.

Gambar terkait

Alat pendeteksi kesuburan praktis ini berbentuk strip, persis seperti test pack. Ada dua jenis alat deteksi kesuburan yang bisa dipilih, yakni:

1. Alat Deteksi Menggunakan Urine

Sebagaimana test pack kehamilan, alat ini juga memerlukan air seni untuk mengukur kadar Luteinizing Hormone (LH). Hormon LH akan mengalami peningkatan pada 1-2 hari sebelum masuk masa subur. Jadi bersiaplah menyambut masa terbaik untuk melakukan hubungan seksual bersama pasangan.

Cara pemakaiannya serupa menggunakan test pack kehamilan. Perbedaannya hanya pada waktu penggunaan. Jika test pack lebih akurat dilakukan pagi hari, alat deteksi kesuburan ini justru lebih baik digunakan pada pukul 11.00-15.00 atau 17.00-22.00.

Tingkat akurasi alat ini mencapai 90% jika digunakan mengikuti petunjuk yang disarankan. Sayangnya, satu strip hanya bisa digunakan sekali pakai. Jadi apabila hasil tes menunjukkan Anda tidak sedang dalam masa subur, maka pada pengujian berikutnya harus menggunakan strip yang baru.

2. Alat Deteksi Menggunakan Air Liur

Jenis kedua ini membutuhkan air liur sebagai bahan uji. Pengujian terhadap air liur berguna untuk mengetahui kadar hormon estrogen. Menjelang masa subur hormon estrogen akan mengalami peningkatan.

Cara penggunaannya cukup dengan meletakkan air liur pada pada sebidang kaca mikroskop, lalu tunggu beberapa saat hingga air liur mengering. Bila kadar estrogen tinggi, maka akan muncul pola seperti daun pakis. Supaya lebih akurat, sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi apapun 2 jam sebelum melakukan pengujian dengan alat tes kesuburan jenis ini.
Share on Google Plus

About Rizky

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment