Pentingnya Senam Hamil

Ketika seorang wanita yang sudah menikah mendapatkan berita bahwa dirinya tengah hamil, pasti wanita tersebut akan berusaha untuk merubah pola hidupnya menjadi yang lebih sehat. Berbagai kebiasaan yang dirasa kurang baik bagi perkembangan janin yang ada dalam kandungannya, sebisa mungkin akan di hindari. Sementara, berbagai hal yang dapat bermanfaat bagi calon ibu dan calon anak, akan berusaha untuk dilakukan. Melakukan senam hamil adalah salah satu hal yang banyak dilakukan oleh seorang wanita pada masa kehamilan. Bahkan, banyak yang menganggap bahwa senam hamil ini sangatlah bermanfaat sehingga mereka sangat rajin untuk mengikuti kegiatan ini secara rutin.

Pentingnya Senam Hamil
Meskipun banyak yang menganggap senam hamil sangat penting, namun ternyata banyak juga yang merasa bahwa kegiatan ini tidak terlalu bermanfaat. Bahkan, banyak yang mengatakan bahwa semua teori yang diajarkan pada saat senam hamil ini tidak akan berguna pada saat proses kelahiran. Alasannya yaitu ketika memasuki proses kelahiran, biasanya seorang calon ibu akan merasa panik sehingga sudah tidak bisa mengingat berbagai teori yang pernah diajarkan. Sehingga, apapun teori yang pernah diajarkan tidak akan bermanfaat lagi. Lalu jika memang demikian, untuk apa seorang ibu hamil melakukan senam hamil? Memangnya seberapa besar manfaat yang didapatkan calon ibu dengan melakukan senam hamil?

Sebenarnya, senam hamil ini sangatlah bermanfaat untuk dilakukan oleh ibu hamil. Senam hamil dapat mengatasi masalah yang sering dihadapi oleh ibu hamil, seperti sulit tidur, sakit pada pinggang dan mudah lelah. Selain itu, saat melakukan kegiatan ini calon ibu akan dilatih untuk mempersiapkan persalinan secara normal dengan latihan pernafasan dan latihan mengejan. Gerakan pada senam ini bertujuan untuk memperkuat dan juga mempertahankan elastisitas otot dinding perut, panggul dan tungkai yang akan membantu selama proses kelahiran.

Meskipun senam ini memiliki banyak sekali manfaat, ibu hamil tidak harus melakukan senam ini setiap hari di pusat-pusat senam hamil. Calon ibu bisa melakukannya selama beberapa kali hingga dirasa sudah cukup paham dan menguasai berbagai gerakan serta teknik yang di perlukan. Selanjutnya, calon ibu bisa melakukannya sendiri dirumah. Namun ada satu hal yang harus calon ibu ingat saat melakukan senam hamil ini, yaitu jangan lupa untuk membawa seorang pendamping . Pendamping ini akan membantu calon ibu untuk mengingat semua gerakan serta teknik yang diajarkan. Sehingga, ketika calon ibu melupakan semua hal ini saat proses kelahiran, pendamping ini akan mampu untuk membimbing calon ibu untuk menerapkan teknik yang pernah diajarkan agar proses kelahiran berjalan dengan lancar.

Share on Google Plus

About suci ohang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment