Inspirasi Bisnis Dengan Modal Kecil untuk Mahasiswa

Memulai sebuah bisnis dengan modal kecil dapat menjadi sebuah solusi untuk Anda yang saat ini masih berstatus sebagai mahasiswa untuk mendapatkan penghasilan secara mandiri ataupun Anda yang saat ini sudah bosan dengan pekerjaan Anda. Selama ada niat dan visi yang besar untuk meraih kesuksesan di dalam bidang usaha, maka hal ini bukan sekedar mimpi bagi Anda. Pasalnya untuk bisa sukses bukan hanya cukup dengan modal dari segi materi dan nekat saja.


Banyak orang-orang yang sukses ataupun perusahaan besar dengan awal dari menjalani usaha kecil bermodal pas-pasan. Kuncinya terletak pada perencanaan awal perjalanan bisnis yang baik. Baik di sini bukan berarti harus sempurna, namun lebih kepada cerdas dalam memulai bisnis dengan benar agar mereka tidak salah ketika memulainya. Demikian juga yang harus Anda lakukan sebagai pemula di dunia bisnis.

Langkah awal memulai bisnis yang perlu terlebih dahulu Anda tempuh adalah dengan melihat semua peluang yang ada. Adapun kriteria bisnis atau usaha yang layak untuk Anda jalankan sebagai pemula tentu saja sesuatu yang baru serta pertama kalinya dengan pasar cukup bagus. Artinya adalah Anda harus bisa menghadirkan produk, baik itu berupa barang ataupun jasa yang sangat dibutuhkan oleh sebagian besar segmen pasar tersebut.

Selanjutnya, hadirkan jenis produk dengan persaingan tidak begitu padat sehingga Anda akan mudah untuk mendapatkan peluang dan memiliki pasar tersendiri. Setelah itu, bidang usaha yang nantinya akan Anda jalankan sebaiknya merupakan bidang yang benar-benar Anda kuasai atau setidaknya di dalam bidang tersebut Anda memiliki minat yang cukup kuat dan besar.

Usaha Jual Voucher dan Pulsa

Pada jaman seperti sekarang ini sudah hampir semua orang memiliki handphone yang tentunya akan sangat membutuhkan pulsa agar dapat melakukan aktivitas komunikasinya. Maka orang-orang yang menggunakan handphone itulah target pasar potensial Anda. Bukan hanya itu, untuk saat ini banyak rumah-rumah yang beralih menggunakan listrik dengan sistem pra bayar. Ini juga bisa menjadi suatu peluang besar bagi Anda untuk menjadikan tetangga sekitar sebagai pelanggan setia voucher token yang Anda jual. Sehingga Anda juga tidak perlu lagi bersusah payah untuk mencari konsumen.

Usaha Toko Online

Bagi para mahasiswa perantauan, inspirasi bisnis dengan modal kecil yang bisa dijalani adalah mulai merintis toko online. Memiliki sebuah toko online merupakan solusi cerdas bagi Anda yang juga ingin mencoba untuk memperluas jangkauan pasar sekaligus meminimalkan adanya pengeluaran sebagai biaya sewa kios atau tempat hanya untuk berjualan. Bahkan sebagai mahasiswa Anda juga memiliki kesempatan besar untuk berkreasi dengan jiwa muda Anda untuk menciptakan produk-produk baru yang nantinya akan mampu merebut hati konsumen.

Akan tetapi toko online tidak selalu mengharuskan Anda untuk memiliki produk sendiri. Pasalnya di dalam bisnis yang satu ini juga dikenal adanya istilah dropship. Dengan adanya sistem dropship maka Anda dapat tetap memiliki toko online sekaligus berjualan lancar meskipun tidak memiliki produk atau stok barang dalam jumlah besar. Namun, perlu Anda perhatikan bisnis toko online ini bagi para pelaku awal biasanya cenderung mengalami kesulitan yaitu kesulitan kepercayaan dari pelanggan atau konsumen. Disinilah Anda harus cerdas untuk meyakinkan para konsumen dan menjaga tingkat kepercayaan pelanggan setia Anda, misalnya saja dengan pelayanan yang cepat serta barang-barang dengan kualitas terbaik dan lain sebagainya.
Share on Google Plus

About suci ohang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment