Kata-Kata Mutiara Sebagai Bentuk Kata Bijak

Kata-kata mutiara merupakan kata-kata yang di dalamnya memiliki makna tertentu, sedangkan kata bijak merupakan kata yang memberikan motivasi bagaimana cara menghadapi suatu permasalahan. Namum demikian, kata mutiara dan kata bijak memiliki kesamaan yaitu makna yang terdalam ingin disampaikan terutama dalam menghadapi sejumlah persoalan dalam kehidupan.

Kata-Kata Mutiara Sebagai Bentuk Kata Bijak


Contoh bentuk kata bijak sebagai berikut.

“Setiap orang memiliki kesempatan untuk hidup secara bebas, kebebasan itu menjadi kesempatan untuk meraih cita-cita dan harapan yang sesuai dengan keinginan. Keinginan itu merupakan salah satu usaha dalam mencapai cita-cita dan harapan”.

Jika dicermati kata-kata di atas memiliki makna bahwa setiap orang berhak untuk hidup sesuai dengan apa yang diinginkan dalam konteks ini tentu saja menggapai cita-cita dan harapan selama diberi kesempatan untuk hidup harus dipergunakan dengan semaksimal mungkin untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan.

“Kehidupan bagai sebuah roda yang berputar, ketika mencapai kesuksesan tak sedikit orang lupa diri, tapi sebaliknya ketika masa kesuksesan itu telah habis tak sedikit pula orang lupa dzikir”.

Dari kata mutiara di atas dapat diambil kesimpulan bahwa kehidupan seperti roda yang sedang berputar kadang berada di bawah kadang berada di atas, ketika berada di atas tidak sedikit orang yang melupakan kewajibannya untuk mengerjakan amal baik, sebaliknya ketika berada di bawah tidak sedikit orang yang melupakan beribadah karena kekhusuan ibadah yang tergantikan dengan pencarian materi.

Banyak hal-hal yang dapat dipetik dari kata mutiara sebagai kata bijak terutama dalam mendorong seseorang untuk lebih semangat lagi menjalani hidup. Kehidupan merupakan anugerah terbesar bagi setiap manusia. Namun, akan lebih indah lagi jika kehidupan dihiasi dengan perbuatan baik. Perbuatan baik dengan hati yang ikhlas akan membawa diri dalam surga. Perbuatan dapat mempertegas sesuatu yang ada dalam hati sehingga dapat diketahui hal yang menjadi keinginan dan harapan seseorang. Keyakinan yang tertanam dalam diri akan membuat seseorang kuat dalam menjalani hidup dengan ikhlas serta menghindari diri dari putus asa.

Share on Google Plus

About suci ohang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment