Mengenal Layanan Social Media Agency, Job Desk dan Fungsinya

social media agency

Agensi media sosial, atau yang akrab juga dengan istilah social media agency merupakan sebuah layanan yang membantu promosi dan pemasaran perusahaan di media sosial. Layanan dari agensi terkait juga tergolong cukup beragam dan tidak hanya sekedar untuk promosi dan pemasaran biasa saja.

Nah, berikut ini kami sudah merangkum apa saja job desk hingga fungsi dari agensi terkait untuk sebuah perusahaan.

Apa Itu Social Media Agency?

Agensi sosial media adalah sebuah agensi yang mengkhususkan diri dalam mengelola keberadaan dan aktivitas bisnis di berbagai platform media sosial.

Mereka tidak hanya menyediakan layanan pembuatan konten, tetapi juga merancang strategi, mengelola kampanye, dan menganalisis data untuk memastikan klien mendapatkan eksposur yang optimal di dunia digital.

Dengan populernya media sosial sebagai sarana komunikasi dan interaksi yang banyak digunakan saat ini, agensi tersebut menjadi jembatan yang menghubungkan bisnis dengan audiens mereka.

Dari membuat konten yang menarik hingga memastikan brand terlihat di tengah kebisingan informasi online, mereka adalah ujung tombak dalam mengelola kehadiran digital sebuah perusahaan.

Job Desk Agensi Media Sosial

Ada 5 job desk utama dari agensi terkait yang siap membantu para pelaku bisnis untuk mengembangkan usahanya. Berikut adalah job desk-nya.

1.  Riset Pasar dan Analisis Target

Agensi media sosial melakukan riset menyeluruh terkait pasar, tren, dan audiens target dari klien mereka. Dari sini, mereka menggali insight yang diperlukan untuk merancang strategi yang tepat sasaran.

2.  Pembuatan Konten Kreatif dan Menarik

Inilah jantung dari layanan mereka. Agensi sosial media menciptakan konten-konten yang menarik, informatif, dan sesuai dengan identitas brand klien. Mulai dari gambar, video, hingga teks yang engas, semuanya diciptakan untuk menarik perhatian audiens.

3.  Manajemen dan Pengelolaan Posting

Agar konsisten dalam menghadirkan konten yang berkualitas, agensi tersebut juga bertanggung jawab untuk mengelola jadwal posting, memastikan setiap konten dipublikasikan pada waktu yang tepat dan dalam frekuensi yang konsisten.

4.  Interaksi dengan Audiens

Tak hanya sekadar mengirimkan pesan, agensi ini juga bertugas untuk berinteraksi dengan audiens. Mereka menjawab pertanyaan, memberikan respon atas komentar, serta membangun komunitas yang aktif dan terlibat.

5.  Pengukuran Kinerja dan Analisis Data

Untuk memastikan setiap langkah yang diambil berdampak positif, agensi media sosial juga melakukan pengukuran kinerja secara berkala. Dari data analisis ini, mereka dapat mengevaluasi strategi, mengidentifikasi tren, dan membuat rekomendasi untuk perbaikan selanjutnya.

Fungsi Agensi Media Sosial

Selain memiliki job desk yang jelas, layanan agensi ini juga memiliki beberapa fungsi yang mendatangkan keuntungan sebagai berikut:

1.  Membangun Brand Awareness yang Kuat

Dengan konten-konten kreatif dan kampanye yang terencana, agensi membantu membangun kesadaran brand yang kuat di antara audiens target sehingga mudah dikenal.

2.  Meningkatkan Engagement dan Interaksi

Sebuah konten yang menarik dan relevan akan mengundang interaksi dari audiens. agensi siap membantu meningkatkan engagement melalui konten yang berkualitas dan menarik.

3.  Memperluas Jangkauan dan Meningkatkan Traffic

Dengan strategi pemasaran yang tepat, tim dari agensi terkait dapat membantu meningkatkan traffic ke website atau toko online klien.

4.  Membangun Komunitas dan Loyalitas Pelanggan

Dengan menjadi aktif di media sosial, tim dari agensi akan membantu membangun komunitas yang loyal terhadap brand klien. Interaksi yang positif dan berkelanjutan akan memperkuat hubungan antara brand dan konsumen.

Demikian informasi seputar job desk dan fungsi dari social media agency. Bagaimana, tertarik untuk bekerja sama? Anda bisa langsung bekerja sama dengan IDEOWORKS yang sudah berpengalaman sebagai agensi media sosial profesional.

Share on Google Plus

About Irsan Erlangga

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment