Tips Agar Biaya Bangun Rumah Lebih Hemat

biaya bangun rumah

Membangun rumah di atas tanah sendiri merupakan impian semua orang. Pasalnya dengan membangun rumah, Anda bisa mendapatkan desain rumah sesuai impian. Hal tersebut tentu saja jarang didapatkan apabila Anda membeli rumah cluster. Namun membangun rumah sendiri bukan perkara mudah. Ada banyak hal yang harus diperhatikan, salah satunya yaitu biaya bangun rumah.

Anda harus merancang biaya dengan baik agar pembangunan berjalan lancar. Ada beberapa tips yang bisa diikuti untuk mendapatkan biaya pembangunan yang lebih hemat. Langsung saja, berikut ini adalah caranya:

Buat Anggaran Kebutuhan Secara Rinci

Anda harus merencanakan pembangunan secara jelas dan detail, seperti ukuran bangunan, target pengerjaan, bentuk rumah, dan lain sebagainya. Hal ini sangat penting karena akan berpengaruh pada besar anggaran nantinya. Jika dibuat secara rinci maka dana yang Anda anggarkan tidak akan membengkak.

biaya bangun rumah

Pertimbangkan Rumah Minimalis

Rumah minimalis saat ini menjadi salah satu jenis rumah yang cukup diminati, terutama oleh para milenial. Banyak yang menilai bahwa rumah minimalis memberikan kenyamanan yang lebih meskipun dibangun dengan ukuran yang tidak besar. Anda yang ingin menghemat biaya bangun rumah bisa mempertimbangkan tipe rumah ini.


Gunakan Bahan Bangunan Lokal Berkualitas

Bahan atau material bangunan merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh pada biaya pembangunan. Apabila Anda mampu memilih bahan bangunan yang terjangkau maka biaya pembangunan bisa lebih hemat. Lakukan survey langsung ke toko bangunan dan pilih bahan bangunan lokal. Carilah bahan bangunan yang berkualitas karena jika cermat maka Anda bisa mendapatkannya.

Pakai Jasa Tukang dengan Sistem Borongan

Selain bahan bangunan, tukang ternyata juga menjadi salah satu faktor yang berpengaruh besar pada biaya pembangunan. Upah tukang biasanya dibedakan menjadi dua macam yaitu secara borongan dan harian. Jika ingin berhemat, Anda disarankan untuk memilih tukang yang bisa dibayar borongan. Pada umumnya tukang yang dibayar secara borongan bisa lebih murah dibandingkan harian.

Itulah beberapa tips agar anggaran biaya bangun rumah bisa lebih hemat. Bingung mencari bahan bangunan lokal yang berkualitas? Anda bisa memilih produk dari Semen Tiga Roda. Produk ini terjangkau dan terbukti kualitasnya karena sudah memiliki logo SNI. Ada beberapa macam produk semen yang bisa Anda beli. Sesuaikan saja produk Semen Tiga Roda Anda dengan kebutuhan pembangunan rumah. 

Share on Google Plus

About Rizky

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment