Inilah 8 Ciri-ciri Perhiasan Berlian Asli

Perhiasan Berlian Asli
Seperti yang diketahui, batu berlian merupakan perhiasan yang memiliki kualitas tinggi dan di banderol dengan harga yang sangat mahal. Perhiasan berlian asli memiliki bentuk yang indah dengan kilauan yang cantik dan merupakan batu paling keras yang ada di bumi. Maka, tak heran jika batu berlian identik dengan anti gores, anti rusak, bahkan anti pecah atau terbelah. 

Batu berlian berasal dari bawah tanah di kedalaman sekitar 150 km dari dataran bumi tempat manusia berpijak. Batu berlian ini terbentuk dari karbon dan mengalami tekanan yang luar biasa dengan suhu yang panas. Itulah mengapa batu berlian sangat keras, rapat dan kuat. Berlian bisa ditemukan pada sisa-sisa letusan gunung berapi dengan bentuk mirip pecahan kaca, kemudian diolah dan dibentuk sedemikian rupa. 

Perhiasan Berlian Asli

8 Ciri-ciri Perhiasan Berlian Asli 

Batu berlian yang cantik dan mengkilap yang Kita lihat selama ini merupakan hasil dari proses pengasahan dan pemotongan yang bagus. Jika tidak, maka batu berlian juga bisa cacat dan kehilangan kemurniannya atau kilauan nya tidak sempurna karena prosesnya kurang bagus. Untuk mengetahui keaslian dari sebuah batu berlian, perhatikan ciri-ciri berlian di bawah ini, antara lain: 

1. Anti Gores, Namun Bisa Menggores 

Batu berlian memiliki sifat yang kuat dan anti gores, namun batuan ini dapat menggores benda lain. Cobalah menggoreskan batu berlian pada kaca/tembok, jika kaca tersebut tergores sedangkan berlian nya tidak rusak, maka bisa dipastikan berlian tersebut asli. 

2. Anti Panas 

Diproses dengan suhu panas yang sangat tinggi jauh di bawah tanah, membuat berlian tahan terhadap panas. Jika tidak, memakai cincin berlian cukup lama di bawah terik matahari bisa membuat jari manis Anda terasa panas. 

3. Anti Apung 

Berlian memiliki sifat anti apung, jika dilempar ke air akan tenggelam karena sangat padat dan tidak memiliki rongga udara. Jika Anda menemukan berlian yang mengapung pada air, maka bisa dipastikan berlian tersebut palsu. 

4. Berlian Langka Hanya Memiliki Beberapa Warna 

Batu berlian yang memiliki warna selain putih jernih memang merupakan jenis berlian yang langka dan mahal. Namun, sebagai pembeli yang cerdas Anda jangan langsung percaya jika ditawari berlian warna. Pastikan warnanya termasuk dalam warna-warni berlian langka yaitu merah, kuning, pink dan biru, selain itu artinya palsu. 

5. Pantulan atau Refleksi Tidak Jelas 

Batu berlian memiliki pantulan atau refleksi yang tidak jelas, bayangannya kabur dan terbalik. Cobalah mengecek bayangan koran pada berlian, jika bayangannya kabur, terbalik dan tidak jelas, maka berlian nya asli. Sebaliknya, jika terlihat jelas di pantulan nya, mungkin itu berlian palsu yang terbuat dari kaca. 

6. Memantulkan Refleksi Abu-abu 

Memperjelas poin sebelumnya, batu berlian ternyata hanya mampu merefleksikan warna abu-abu. Jadi jika Anda mengecek pantulan nya dengan benda berwarna dan terlihat jelas warnanya, maka bisa dipastikan itu berlian palsu. 

7. Mampu Merefleksikan Cahaya 

Berbeda dengan bayangan atau gambar, pantulan cahaya pada batu berlian lebih jelas dan sempurna. Namun hanya di beberapa sisi saja, oleh karena itu berlian akan terlihat gemerlapan jika digerak-gerakkan. 

8. Tidak Bisa Berkabut/Berembun 

Tidak sama dengan kaca mobil atau jendela yang mudah berkabut karena embun, batu berlian tidak bisa berkabut/berembun. Efek embun hanya bertahan sebentar sekali bahkan kurang dari satu detik, itulah sebabnya berlian selalu bening. 

Nah, itulah beberapa informasi mengenai 8 ciri-ciri perhiasan berlian asli yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

About Rizky

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment