Penyebab Munculnya Sakit Saat Menstruasi

sakit saat menstruasi
Rasa sakit saat menstruasi merupakan hal yang banyak dikeluhkan oleh wanita yang mengalami masa menstruasi. Apalagi untuk mereka yang belum memasuki usia 20 tahun, kemunculan rasa sakit saat menstruasi akan lebih besar dibandingkan dengan wanita usia dewasa. Nah untuk penyebab rasa sakit saat menstruasi sendiri sebenarnya sangat beragam, ada yang merupakan hal sepele, dan ada juga hal berat yang harus ditangani oleh kesehatan. 

Nah berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan munculnya rasa sakit ketika menstruasi. 

1. Intrauterine device. Nah alat kontrasepsi yang ditempatkan di dalam rahim juga terkadang dapat mengakibatkan munculnya rasa sakit saat haid, pada umumnya terjadi pada saat awal penggunaan.

2. Stenosis leher rahim. 

Terjadinya pembukaan pada leher rahim di beberapa wanita sangat kecil, sehingga kemudian dapat mengakibatkan terhambatnya aliran darah untuk keluar ketika haid. Nah kondisi tersebut dapat mengakibatkan terjadinya tekanan yang sangat menyakitkan pada rahim.
sakit saat menstruasi
3. Adanya beberapa masalah lain seperti menstruasi yang tidak lancar, pendarahan diantara masa menstruasi, adanya keputihan yang kental dan berbagai, serta adanya rasa nyeri ketika melakukan hubungan intim.

4. Kelebihan atau kekurangan berat badan. Nah yang sering menjadi masalah ketika mengalami sakit saat menstruasi adalah disebabkan karena seseorang memiliki berat badan yang kurang ideal entah itu obesitas ataupun kekurangan berat badan.

5. Belum pernah hamil juga menjadi salah satu faktor yang menjadi pemicu munculnya rasa sakit saat menstruasi.

Nah itu dia beberapa kemungkinan yang menyebabkan munculnya rasa sakit saat menstruasi. Tentunya munculnya rasa sakit yang berlebih saat menstruasi hingga menyebabkan seorang wanita tidak dapat beraktivitas, tidak boleh dianggap sebagai hal yang sepele. 

Anda dapat melakukan pencegahan dengan mengatur pola hidup sehat. Pola hidup sehat dapat dimulai dari pola makan yang sehat dengan memenuhi kandungan vitamin E, vitamin B1, vitamin B6, asam lemak omega 3, serta magnesium. 

Berbagai kandungan tersebut dapat membantu mengurangi rasa sakit ketika menstruasi secara efektif. Kemudian olahraga teratur juga sangat efektif untuk mencegah rasa sakit  ketika menstruasi.
Share on Google Plus

About Rizky

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment