Ganti Oli Sintetik Yang Baik Hanya Top 1


Ganti oli sintetik bukan hal yang mudah sepele jika Anda memang betul betul memperhatikan performa mobil agar tidak menurun. Kesalahan dalam mengganti oli akan membuat mesin mobil cepat rusak. Jenis oli terbagi berdasarkan berbagai perbedaan. Misalnya terdapat jenis oli berbahan dasar sintetis dan alami. Serta terdapat jenis oli yang mesin, oli transmisi dan jenis oli lain yang dibagi atas tujuan penggunaannya.

Untuk menjawab pertanyaan tentang jenis oli berdasarkan peruntukannya, simak ulasan berikut ini:

Oli mesin

Jenis pertama adalah oli mesin yang kemudian juga terbagi atas 3 jenis oli berdasarkan bahan pembuatannya yaitu oli mineral, semi sintetik serta fully sintetik. Ukuran kekentalan pada oli mesin berdasarkan penetapan dari Society Automotive Engineers yang kemudian telah disesuaikan berdasarkan iklim kita. Ukuran kekentalan yang pas untuk wilayah kita adalah 15 W-30 hingga 20W-50. Anda dapat mengganti oli mesin dengan memperhitungkan jarak tempuh yang telah dilalui oleh mobil Anda.

 ganti oli sintetik


Oli transmisi

Oli transmisi terbagi menjadi dua yaitu oli manual dan oli matic. Untuk mobil manual, Anda harus mengganti setiap 10 ribu kilometer, sedangkan untuk matic Anda dapat menggantinya setelah 20 ribu km. 

Oli Gardan

Jika Anda mengganti ganti oli sintetik, biasanya mortir juga akan merekomendasikan penggantian oli gardan juga. Karena pada umumnya oli gardan diganti bersamaan dengan transmisi atau setiap jarak tempuh 20 ribu kilometer.

Pelumas rem

Minyak rem memiliki kekentalan yang telah ditentukan dengan satuan DOT. DOT ini merupakan satuan yang menggambarkan titik didih minyak. Jadi saat rem panas, minyak ini mampu meredamnya. 

Power Steering Fluid

Oli jenis ini biasanya diganti bersamaan dengan oli rem, atau setiap 25 ribu kilometer. Oli ini berfungsi untuk mengendalikan kerja stir pada mobil Anda.

Nah, itulah tadi beberapa jenis oli yang harus Anda lakukan sebelum ganti oli sintetik. Ke empat jenis produk diatas dapat Anda temukan pada brand TOP 1, produk oli paling terpercaya di Indonesia.

Share on Google Plus

About Rizky

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment