Kenali Beberapa Jenis Buku Yasin

Kenali Beberapa Jenis Buku Yasin
Sebagai umat muslim, membaca al-Qur’an merupakan salah satu kegiatan mulia yang dapat menjadikan kita lebih dekat dengan Sang Pencipta. Pada kitab suci al-Qur’an sebagaimana yang kita ketahui, di dalamnya terdiri dari 114 surat. 

Dari masing-masing surat tersebut memiliki makna atau kandungan serta keutamaannya tersendiri. Dan salah satu surat yang memiliki banyak keutamaan selain dari surat al-Fatihah ialah surat Yasin. Sehingga tak heran apabila surat yang satu ini kemudian dibukukan, atau cetak buku Yasin secara terpisah tanpa adanya surat-surat lain. 

Surat yang penuh keutamaan atau fadhilah ini, merupakan surat yang paling sering dibaca terutama pada saat acara-acara tertentu. Misalnya tahlilan, kemudian pengajian, ziarah kubur, dan lain sebagainya. Perlu anda ketahui, bahwasannya buku Yasin yang beredar di masyarakat terdiri dari beberapa macam. 

Walaupun pada dasarnya memang memiliki tujuan yang sama, yakni sebagai media untuk mengajak setiap orang agar mau untuk membaca firman Allah. Bagi anda yang hendak cetak buku Yasin untuk kepentingan tertentu, alangkah baiknya kenali beberapa jenis buku Yasin tersebut, diantaranya yakni sebagai berikut: 

Buku Yasin biasa, yang di dalamnya terdapat surat Yasin sebagaimana yang tertuang dalam mushaf al-Qur’an. Ditambahkan dengan terjemah serta beberapa do’a yang digunakan sehari-hari. Buku Yasin yang dilengkapi dengan bacaan tahlil. 

Bahkan tak hanya itu dilengkapi pula dengan do’a-do’a khusus bagi jenazah, kemudian beberapa jenis shalawat, serta do’a lainnya yang tentunya lebih lengkap dari buku Yasin biasanya. Buku Yasin yang di dalamnya dilengkapi dengan do’a-do’a Istighosah, sehingga selain membaca surat Yasin acara atau ritual keagamaan yang dilakukan akan lebih khusu. 

Terutama saat memuhasabah diri. Buku Yasin beserta fadhilahnya. 

Di mana pada buku Yasin yang satu ini berbeda dari buku Yasin sebelumnya, salah satu cirinya ialah membaca ayat pertama pada surat Yasin sebanyak tiga kali, kemudian pada ayat tertentu pembacaannya diselingi dengan dzikir dan do’a. Itulah kiranya beberapa jenis buku Yasin yang banyak digunakan di masyarakat.
Share on Google Plus

About Rizky Aditia

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment